Home » » Tanaman Perlu Nutrisi Setelah Panen

Tanaman Perlu Nutrisi Setelah Panen

Oleh: Wayan Nita
Selain bercocok tanam di sawah, sebagian besar masyarakat di Indonesia menanam tanaman tahunan. Tanaman tahunan yang menjadi idola seperti cengkeh, manggis, durian, mangga, kakao, kopi, jeruk, anggur, bahkan jati hingga albisia. Selama ini dari macam tanaman tahunan tersebut bisa menjadi andalan ekspor Indonesia. Sehingga banyak petani yang membuka lahan untuk perkebunan tanaman tahunan tersebut. Atau sengaja membuat pekarangan yang ditanami dengan tanaman buah sebagai perindang sekaligus bisa dinikmati hasilnya.
Staf ahli teknologi EM dan instruktur pelatihan IPSA, Nyoman Darma menyatakan, perhatian pada tanaman tahunan perlu dilakukan demi menjaga agar tanaman tetap produktif dengan hasil yang memuaskan. Perawatan dengan pemberian pupuk Bokashi Kotaku dan larutan EM perlu diberikan baik saat hendak menanam tanaman, pada saat tanaman dalam proses pertumbuhan atau masa belum menghasilkan buah dan saat tanaman itu berbuah.
Yang kadang kurang diperhatikan oleh petani adalah lupa memupuk tanaman ketika tanaman tersebut hendak dipanen. Padahal, tanaman membutuhkan banya nutrisi setelah panen. Sehingga bila lupa dipupuk maka daun akan berguguran dan tanaman layu, bahkan dapat menurunkan produksi berikutnya.
“Sebaiknya tanaman dipupuk seminggu sebelum panen, agar setelah panen nutrisi yang dibutuhkan tanaman memulihkan kondisinya sudah tersedia dalam tanah. Dosis yang digunakan untuk tiap jenis tanaman tahunan dan waktu pemberiannya berbeda, lebih kanjut dapat dilihat pada brosur,” kata Darma.
Memang lama proses perawatan dengan pupuk organik tapi dampak jangka panjang akan memberikan hasil yang lebih baik dibanding pupuk kimia. Dengan pupuk Bokashi Kotaku mengandung hara makro dan mikro yang dibutuhkan tanah dan tanaman, bentuknya halus sehingga mudah diserap tanaman. Selain itu dapat meningkatkan kegemburan tanah, efisiensi penggunaan pupuk anorganik, menekan pertumbuhan pathogen (penyakit) dan mampu meningkatkan produksi tanaman.
Agar lebih efektif dalam penggunaan pupuk Bokashi perlu ditambah larutan EM untuk menyemprot tanaman dan menyiram tanah saat pemberian pupuk.
Cara pemberian pupuk pada tanaman baik saat tanam, tanaman belum menghasilkan dan saat tanaman menghasilkan sama. Yaitu mengemburkan tanah dan dibuat lubang dibawah tajuk tanaman kemudian taburkan pupuk Bokashi Kotaku. Setelah pupuk Bokashi ditaburkan diatas lubang yang dibuat di sekitar tanaman selebar tajuk tanaman, lubang kemudian ditutup dengan tanah dan daun-daunan terakhir disiram dengan larutan EM.
Penyemprotan larutan EM dilakukan sebulan sekali atau jika tanaman layu dan kering dapat disiram seminggu sekali. “Tujuannya untuk menyediakan nutrisi pada tanaman dan menghindarkan tanaman dari serangan hama dan penyakit,” urai Darma.
Thanks for reading Tanaman Perlu Nutrisi Setelah Panen

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar