Home » » Siri Merah Atasi Diabetes Melitus

Siri Merah Atasi Diabetes Melitus

OLEH: AGUS SALAM
Siri merah kini sedang menjadi primadona dengan daun berwarna merah. Selain indah untuk hiasan, tanaman ini dapat menyembuhkan penyakit kencing manis (diabetes melitus). Caranya tiga lembar daun siri merah setengah tua, dicuci bersih, dan diiris kecil-kecil. Rebus dengan air tiga gelas (600 ml) mendidih sampai tersisa 1,5 gelas. Minum air rebusan daun sirih merah ½ gelas sehari tiga kali sebelum makan.
Khasiat tanaman bernama Latin Piper crocatum ini cukup mencengangkan banyak orang. ‘’Selain diabetes melitus, siri merah juga berkhasiat menyembuhkan penyakit jantung koroner, asam urat, hipertensi, peradangan organ tubuh (paru, ginjal, hati dan pencernaan), serta luka yang sulit sembuh,” ujar Bambang Sadewo, ahli obat tradisional.
Khasiat siri merah disebabkan oleh sejumlah senyawa aktif yang dikandung seperti flavonoid, alkoloid, polevenolad, tanin dan minyak asiri. Senyawa flavonoid dan polevenolad bersifat anti oksidan, anti diabetik, anti kanker, anti septik dan anti inflamasi. Sedangkan senyawa alkoloid bersifat anti neoplastik yang ampuh menghambat pertumbuhan sel-sel kanker.
Pamor siri merah sebagai herba yang berkhasiat obat berawal dari hobiis yang memanfaatkan sebagai tanaman hias. Seperti siri hijau, tanaman siri merah tumbuh merambat di pagar (pohon). Ciri khas tanaman siri merah, batang bulat berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daun bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atas meruncing. Permukaan daun mengilap dan tidak merata.
Sedangkan beda sama sirih hijau, bila daun disobek akan berlendir. Seperti siri hijau, siri merah terasa pahit getir. Namun aromanya lebih wangi dibanding siri hijau. Tanaman ini lebih suka tumbuh di tempat teduh. Misalnya di bawah pohon besar yang rindang atau berhawa sejuk dengan cahaya matahari sekitar 60-75%. Dengan tumbuh di tempat teduh, daun akan melebar. Warna merah marun yang tercantik akan segera tampak bila daun dibalik. Batang tumbuh lebih gemuk, dan bila kena sinar matahari, bisa cepat mengering. Sebaliknya bila terlalu banyak kena air, akar dan batang cepat membusuk.
Untuk lebih berhasiat menyembuhkan diabetes melitus, ramuan siri merah bisa ditambah 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luar, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Ketiga bahan ini direbus dengan 2 gelas air (400 ml) hingga mendidih sampai tersisa 1 gelas. Selanjutnya ramuan ini disaring dan diminum sehari dua kali pada pagi dan sore hari sebelum makan.
Thanks for reading Siri Merah Atasi Diabetes Melitus

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar