Home » » EM4 Usir Bau Amis Kotoran Babi

EM4 Usir Bau Amis Kotoran Babi

OLEH: HERNAWARDI
Sebelum memakai EM4, kotoran babi yang dipelihara Wayan Wirtha di sekitar lereng Gunung Sasak, Gerung sering membuat warga sekitar tidak betah bertamu lama-lama. Sebab, begitu memasuki halaman rumah Wirtha, tericum bau amis yang tidak sedap buat pernapasan.
Warga Teluk Gedang, Banyu Urif, Gerung, Lombok Barat ini cukup terpukul melihat reaksi para tamu yang hanya sesaat bertandang ke rumahnya. Siapapun orangnya pasti terganggu pernapasan jika ke rumah. Kotoran babi yang berserakan di kandang cukup menebar bau yang tidak sedap dan menyengat bahkan sampai memusingkan kepala. Tetangga sekitar sering menyindir karena baunya bisa tercium hingga radius satu kilo meter.
Halaman rumah yang terkesan tidak terurus dengan aroma cukup mengganggu hidung itu kini sirna. Wirtha berhasil meredam keluhan warga dengan menyemprotkan EM4 ke kandang ternak babi maupun itik yang dibangun di sekitar rumah. “Tidak hanya menghilangkan bauk kotoran ternak, EM4 juga bisa diminumkan pada ternak babi untuk mempercepat pertumbuhan dan meningkatkan kegurihan daging dari segi cita rasa,” ungkap guru SDN 3 Banyu Urif itu.
Ada beberapa pengalaman mengesankan bagi Wirtha sejak dirinya memakai EM4. Semula hanya memelihara 8 ekor indukan babi, namun seiring prospek pasar yang menggiurkan kini sudah menjadi 80 ekor. Perkembangan populasi yang demikian pesat, tidak terlepas dari pemanfaatan EM4 yang mampu meningkatkan selera makan dan mempercepat pertumbuhan.
Pertumbuhan ternak babi sebelum dan sesudah memakai EM4 terjadi perbedaan yang sangat menyolok. ’’Jika sebelum memakai EM4 pertumbuhan ternak lamban, selera makan berkurang dan kotoran sangat tidak ramah lingkungan, maka sejak diterapkan EM4 semuanya menjadi lebih baik. Pertumbuhan, selera makan, ramah lingkungan dan tidak menimbulkan bau. Lebih-lebih soal bau ini sangat mengganggu ketika tiba musim hujan. Kalau musim kering baunya bisa berkurang,’’ ungkap Wirtha.
Selama pemakaian EM4, Wirtha mengaku ternaknya tak pernah sakit. Beda dengan sebelum pemakaian EM4 dan bekas kotoran ternaknya yang diolah menggunakan EM4 digunakan untuk pupuk tanaman. Bahkan resep yang diterapkan Wirtha, sudah diikuti sebagian warga sekitar.
Thanks for reading EM4 Usir Bau Amis Kotoran Babi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar