Home » » Sepeda Motor 2 Tak Makin Naik Daun

Sepeda Motor 2 Tak Makin Naik Daun

OLEH: DIDIK PURWANTO
Meski tidak diproduksi lagi, sepeda motor 2 Tak juga masih beredar di pasaran. Harga bekas yang makin turun drastis membuat trauma masyarakat untuk menjual ke pasar. Karena sepada motor tersebut cukup banyak mengonsumsi bahan bakar, tak jarang menjual murah atau menukar dengan sepeda motor empat tak.
Namun tidak berlaku bagi pemakai sepeda motor Suzuki. Beberapa merek seperti Suzuki Satria dan Suzuki Tornado yang masih memakai teknologi dua tak makin naik daun digemari masyarakat. Kejadian tersebut tak lepas dari tangan-tangan handal yang senang modifikasi ataupun untuk balapan. Tak pelak, harga motor yang turun drastis tersebut mulai melonjak setelah dimodif ataupun digunakan untuk balapan. “Suzuki dengan tipe tersebut makin naik daun seiring dengan kontes modif atau event balapan. Karena orientasinya bukan untuk fashion atau gaya, jadi sah-sah saja mereka memodifikasi barang murah menjadi lebih berharga,” ujar Agus Setiawan, promosi Suzuki Bali Nusra.
Selain itu, tipe-tipe sepeda motor dua tak juga mudah dalam hal perawatan. Spare part atau suku cadang pun masih banyak tersedia di bengkel biasa atau bengkel resmi. Meski sepeda motor dua tak memiliki kebisingan tinggi, tingkat emisi yang dikeluarkan pun masih dalam batas ketentuan pemerintah yakni standar Euro 2000.
Hal tersebut juga berlaku pada produsen sepeda motor merek Yamaha. Meski produsen asal Jepang ini sudah tidak memproduksi sepeda dengan teknologi dua tak sejak tahun 2005, produsen pun tidak menarik motor lama dan menggantikan dengan motor teknologi empat tak. “Itu hak konsumen, apakah tetap memakai motor dua tak atau empat tak. Terus terang untuk konsumen di Bali sudah tidak minat lagi dengan motor dua tak. Tapi kami juga tidak melarang masyarakat yang membeli motor dua tak,” papar Gregorius Kayun, pimpinan Yamaha Bali.
Selama ini masyarakat Bali sangat menerima produk empat tak yang ditawarkan Yamaha. Terutama produk matic, penjualannya bisa menyumbang 48% dari total penjualan. “Kita mengikuti selera konsumen saja. Saat masyarakat senang dengan matic, kita keluarkan skuter matic baik untuk cewek (Mio) maupun cowok (Mio Soul),” tambahnya.
Thanks for reading Sepeda Motor 2 Tak Makin Naik Daun

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar