Home » » EM4 Tambak, Penetral Bakteri

EM4 Tambak, Penetral Bakteri

Kolam Lobster
OLEH: INDAH WULANDARI

hadni_wulan@yahoo.co.id

Bila hobi bisa menjadi sebuah pilihan bisnis alternatif, maka perlu keseriusan lebih untuk menjajal level profesional. Ide Putu Sukrada membeli 1 set bibit lobster air tawar (Red Crawl) September tahun lalu jadi titik awal lakoni bisnis menggiurkan ini.
Permintaan para pemilik restoran seafood Pulau Dewata sangat tinggi pada komoditi lobster ini. Setelah panen perdana pada Februari ini Sukrada baru bisa memasok 3 kg lobster dengan bandrol harga Rp 150 ribu/kg. ‘’Padahal permintaannya sebanyak 10 kg, sayang jumlahnya belum terpenuhi karena bibitnya masih terbatas,” jelasnya. Pria yang juga bekerja di perusahaan asuransi ini berencana menambah bibit lagi sekitar 2000 ekor.
Selain kuantitas bibit, ia menekankan pula pemilihan bibit yang baik dan kualitas air tempat hidup lobster. Agar produktivitas lobsternya meningkat, Sukrada membuat tempat pembibitan dan pembesaran secara terpisah. Kolam pembibitan dari semen berukuran 1,5 X 2,5 meter ditempatkan di kediamannya, Perum Sri Dewi Br Bernasi, Buduk, Denpasar. Ia pun menggandeng rekannya, Ketut Gunakaya untuk menangani kolam pembesaran berukuran 4 X 8 meter diatas sepetak sawah produktif di Br Tabang, Ds Bebetin Subak Manuksesa, Singaraja seluas 0,5 are
Berbekal pengetahuan tentang efektivitas teknlogi EM (effective microorganisms) dari staf PT Songgolangit Persada, ia mempercayakan perawatan higienitas kolam dan tambaknya dengan produk EM4. Sebulan ia menghabiskan kurang lebih 1 liter EM4 dengan dosis 2 sloki kecil yang diberikan tiap 3-7 hari sekali setelah pembersihan kolam. Hasilnya, sisa pakan yang mengendap jadi butiran pasir kecil sehingga air ternetralisir dari bakteri dan biang penyakit lain.
Proses pembusukan yang umumnya sering terjadi pada bagian tubuh dan kulit lobster bisa dihindari. Bahkan warna kulit lobster lebih cerah. Saat ini pria energik ini mulai berbagi pengalaman saat mengelola bisnis lobster dengan EM4 pada para petani di sekitar areal tambaknya. Penghasilan petani tidak harus tergantung tanaman utama saja, sebut Sukrada, namun harus ada pendapatan tambahan untuk kesejahteraan hidup.
Thanks for reading EM4 Tambak, Penetral Bakteri

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar