Home » » Coklat: Makanan Yang Turun Dari Surga

Coklat: Makanan Yang Turun Dari Surga

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Coklat atau kakao adalah tanaman perkebunan yang masuk Indonesia sejak tahun 1560. Dan, baru tahun 1951 menjadi komoditi penting. Tanaman tropis tahunan ini berasal dari Amerika Selatan. Penduduk Maya dan Aztec di Amerika Selatan dipercaya sebagai perintis pengguna kakao dalam makanan dan minuman.
Kata coklat berasal dari xocoatl (bahasa suku Aztec) yang berarti minuman pahit. Bagi suku Aztec dan Maya di Meksiko, coklat adalah makanan para dewa di surga. Cortes kemudian membawanya ke Spanyol antara tahun 1502-1528, dan oleh orang-orang Spanyol minuman pahit tersebut dicampur gula sehingga rasanya lebih enak. Coklat kemudian menyebar ke Perancis, Belanda dan Inggris. Pada tahun 1765 didirikan pabrik coklat di Massachusetts, Amerika Serikat.
Kini coklat menjadi kudapan istimewa yang digemari anak-anak, remaja dan orang tua. Dalam pergaulan sosio-kultural modern, memberikan coklat kepada orang yang dicintai merupakan simbol kasih sayang. Memang belum ada kajian historis sejak kapan coklat identik dengan hadiah pada hari kasih sayang alias valentine yang jatuh pada bulan Februari.
Coklat yang banyak dijual di toko umumnya hanya dua jenis. Yaitu coklat yang berwarna coklat dan coklat berwarna putih. Jenis coklat inilah yang biasanya digunakan untuk praline, kembang gula atau coklat hias. Harganya juga bermacam-macam, tergantung pada besar dan kecil bahan atau hiasannya untuk coklat hias. Misalnya untuk coklat hias, harganya mulai Rp 5.000 sampai Rp 50.000.
Untuk coklat hias, umumnya hanya menjadi hiasan saja. Yaitu colat kue (cake) yang diberi lapisan coklat dan hiasan lainnya. Sedangkan untuk kembang gula yang terbuat dari bahan coklat biasanya dijual paket. Terlebih di musim Valentin seperti sekarang. Harga untuk kembang gula berbahan coklat juga bermacam-macam. Tergantung dari besar atau kecil serta bentuknya. Di awal-awal bulan Februari, coklat menjadi favorit para penjual kue.
Sedangkan untuk coklat yang digunakan untuk kembang gula akan dibentuk beraneka macam dan warna yang bermacam-macam pula. Semua disesuaikan dengan permintaan. Misalnya ada coklat yang diberi warna pink, karena dibentuk menyerupai buah stroberi. Ada juga yang diberi warna kuning, karena menyamakan dengan warna jeruk atau buah-buah lainnya.
Thanks for reading Coklat: Makanan Yang Turun Dari Surga

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar