Home » » Dalami Ilmu Madu Di Perlebahan Sukatani

Dalami Ilmu Madu Di Perlebahan Sukatani

OLEH: AGUS SALAM
SPG Pak Oles harus memiliki pengetahuan seputar produk lebah madu. Dengan ilmu yang dimilikinya, mereka dapat menjelaskan manfaat madu kepada konsumen. Karena itulah, tim marketing cabang Jakarta menggandeng Perlebahan Sukatani mengadakan pemantapan knowledge tentang madu dan dunia perlebahan. Acara yang menjadi program peningkatan SDM kru marketing ini, diasuh langsung oleh H. Wawan Darmawan atau yang akrab disebut Pak Lebah di kompleks Perlebahan Sukatani Jalan Dongkal Raya No. 8 Rt.02/03 Cimanggis Depok.
Menurut Kacab Jakarta, Bayu Kartika Yasa, pengetahuan produk bagi kru marketing sangat penting dalam memasarkan Ramuan Pak Oles, terutama produk madu. ”Dengan pembekalan pengetahuan di kompleks pelatihan budidaya madu Sukatani ini, kru marketing akan bisa menjawab pertanyaan konsumen seputar beda madu asli dan madu palsu serta manfaat madu dan sebagainya,” katanya.
Bayu juga mengharapkan dengan acara ini, kru marketing mampu memberikan informasi secara benar kepada konsumen sehingga konsumen tidak ragu lagi membeli produk berkualitas dari PT Karya Pak Oles Tokcer. Selain itu, para kru marketing lebih yakin tentang produk yang dipasarkannya. “Selama ini, kru marketing hanya dibekali teori saja, tetapi dengan melihat langsung budidaya perlebahan, mulai dari penggembalaan, kotak koloni, pakan lebah hingga produk perlebahan, kru marketing lebih yakin dengan kualitas produk Pak Oles,” katanya.
Dalam kesempatan itu, Pak Lebah tidak hanya mengajari teori saja, tetapi mengajak karyawan Pak Oles untuk melihat langsung kotak-kotak lebah budidaya yang ada di sekitar kompleks Sukatani. ‘’Walau lebahnya tak banyak, tapi cukup memberikan contoh riil di lapangan bagaimana kehidupan lebah,’’ kata H. Wawan Darmawan yang juga Ketua Asosiasi Perlebahan Indonesia (API).
Mirna, SPG Pak Oles yang berada di unit Pesona Khayangan Depok mengaku sangat senang bisa ikut serta dalam pembekalan pengetahuan produk di Kompleks Perlebahan Sukatani. ‘’Selain lebih jelas dan menyeluruh, mulai dari kondisi perlebahan di Indonesia, masalah madu palsu serta budidaya lebah dan lain-lain diulas semuanya secara jelas oleh Pak Lebah. Kami juga bisa melihat dari dekat bagaimana budidaya lebah dikembangkan di Perlebahan Sukatani ini,’’ katanya.
Thanks for reading Dalami Ilmu Madu Di Perlebahan Sukatani

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar