Home » » Cetak Generasi Muda Berkarakter

Cetak Generasi Muda Berkarakter

SMP Terpadu Ma’arif Muntilan
Oleh: Hendrizal SIP*

Tak bisa kita pungkiri, awal milenium ketiga ini ditandai oleh perubahan pesat dalam tiga bidang utama. Perubahan tersebut adalah perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kependudukan, dan ekologi atau lingkungan hidup. Perubahan yang sangat pesat itu mengharuskan manusia untuk belajar hidup dengan perubahan terus menerus, ketidakpastian, dan unpredictability (ketidakmampuan untuk memperhitungkan apa yang akan terjadi).
Besar kemungkinan, perubahan seperti di atas akan semakin kencang terjadi dengan didorong oleh arus globalisasi yang juga akan semakin kuat ke depan. Hal itu, jika tidak diantisipasi, akan bisa menimbulkan masalah besar. Untuk mengantisipasinya, salah satu strategi yang bisa dilakukan adalah menyiapkan generasi muda yang memiliki karakter yang kuat dan senantiasa siap menghadapi perubahan. Wahana untuk mempersiapkan hal itu adalah pendidikan. Jadi, untuk menghadapi perubahan itu, tak pelak kita juga harus melibatkan pendidikan.
Namun, persoalannya, sejauh mana pendidikan bisa atau mampu berperan mengantisipasi dan mengatasi persoalan di atas. Persoalan ini tentu menjadi tantangan besar bagi berbagai institusi pendidikan. Sebab, di antara tanggung jawab lembaga pendidikan adalah membina peserta didik supaya output-nya memiliki karakter berani berdiri sendiri. Dalam konteks inilah SMP Terpadu Ma’arif (Tema) Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, muncul dengan sejumlah idealisme yang diusungnya.
Seperti diungkapkan Kepala SMP Terpadu Ma’arif (Tema) Muntilan, HM Nurdin Syafi’i, SAg, MSI, dalam acara peresmian gedung SMP tersebut, di Gunungpring, Senin, (12/5) ‘’Visi sekolah ini adalah terwujudnya peserta didik yang mampu menjalankan amanat sebagai hamba Allah dan khalifah-Nya di muka bumi. Misinya adalah menyelenggarakan pendidikan Islam yang memadukan aspek ruhiyah, aqliyah dan jasmaniyah, sehingga dapat membentuk generasi berkarakter saleh, cendekia, dan fisik yang prima,” terangnya. Sementara tujuan sekolah ini adalah mempersiapkan generasi Islam yang bertaqwa dan memiliki akhlaqul karimah, memiliki dasar-dasar kepemimpinan kuat, memiliki kecerdasan dan ilmu pengetahuan yang luas, berkepribadian unggul, berkepribadian sebagai pembelajar mandiri, memiliki semangat entrepreneur berbasis ekonomi syariah.
Visi, misi, dan tujuan SMP Terpadu Ma’arif (Tema) Muntilan di atas senada dengan pendapat Ketua PB NU KH Dr Hasyim Muzadi. Dalam pidatonya, terkait acara peresmian SMP tersebut, Kiai Hasyim menegaskan urgennya pendidikan karakter bagi generasi muda bangsa Indonesia umumnya, dan generasi muda NU khususnya.
Sementara Katib Syuriah PB NU KH Drs Malik Madany, MA, juga dalam acara peresmian tadi, mengingatkan bahwa warga nahdliyin perlu merintis sekolah yang berwawasan keterpaduan di antara tiga aspek utama, yakni ilmu umum, ilmu agama, dan kultur jam’iah nahdliyah. Karena itu, Kiai Malik sangat menyambut baik berdirinya SMP Terpadu Ma’arif (Tema) Muntilan yang dirintis oleh Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Muntilan tersebut.
*) Guru SMP Terpadu Ma’arif (Tema) Gunungpring, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah.
Thanks for reading Cetak Generasi Muda Berkarakter

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar