Home » » Wortel Mampu Melawan Kanker

Wortel Mampu Melawan Kanker

OLEH: AGUS SALAM
Wortel merupakan jenis sayuran yang banyak dikonsumsi masyarakat untuk kesehatan. Di antara jenis sayur lainnya, wortel termasuk jenis sayuran yang paling digemari, tak hanya di Indonesia dibelahan dunia wortel menjadi sayuran faporit.
Seperti dilansir BBC News, Dr Kirsten Brandt dan beberapa peneliti dari University of New Castle menemukan adanya senyawa yang bias menurunkan resiko perkembangan kanker. Hasil penelitian menyebutkan umbi akar yang tumbuh baik di daerah pegunungan dengan ketinggian 1200 dpl itu mengandung komponen pestisida alami yang disebut falcarinol. Melalui uji coba pada 24 tikus dengan tumor pra-kanker hingga sepertiga dari biasanya.
Kesimpulan dibuat setelah 18 minggu tikus-tikus yang mengonsumsi wortel dan suplemen falcarinot dalam pakan mereka, perkembangan tumornya sepertiga lebih kecil jika dibandingkan tikus yang hanya mendapatkan pakan biasa. Falcainot bukan senyawa kimia yang berbahaya dan daalm jumlah tertentu mempunyai kemampuan merangsang mekanisme tubuh untuk melawan kanker.
Akibat fatal dari mengonsumsi falcarinot hanya akan terjadi kalau seseorang memakan 400 kg wortel sekali makan. Hanya saja, karena penelitian itu menggunakan wortel mentah, peneliti belum bisa merekomendasikan apakah mengonsumsi wortel matang dan jus wortel juga akan memberikan efek yang sama.
Cita rasanya manis dan teksturnya renyah. Cocok sekali dijadikan camilan yang menyehatkan bahkan juga cocok untuk asinan. Untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal yang harus diperhatikan adalah jeli memilih wortel. Pilih wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini menandakan bahwa wortel tersebut masih muda dan segar.
Tak hanya untuk kanker, wortel juga mampu mengatasi bahaya penyakit hipertensi. Caranya, ambil 500 gram wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.
Untuk mengatasi demam pada anak, caranya ambil 200 gram wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat. Tak hanya itu, wortel juga bisa untuk menyakit luar misalnya mengatasi luka bakar. Caranya, wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.
Untuk menyembuhkan batuk, sebatang wortel diparut, beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari. Mengatasi nyeri haid dan mengatasi sembelit, juga bisa bahkan untuk menghaluskan wajah yang berfungsi sebagai masker.
Thanks for reading Wortel Mampu Melawan Kanker

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar