Home » » Bidik Pengalaman Mandiri

Bidik Pengalaman Mandiri

OLEH: AGUS SALAM
Outbound, wow sekarang sedang tren. Outbound adalah wisata alam yang menggabungkan kegiatan rekreasi yang menyenangkan dan permainan yang memacu adrenalin serta penuh tantangan. Sekolah-sekolah tertentu mulai dari tingkat TK, SD hingga SMU bahkan juga perguruan tinggi selalu mengikutsertakan kegiatan ini pada program-program yang mereka buat. Tak hanya di sekolah, beberapa perusahaan atau di lingkungan perkantoran ada juga yang menjadwalkan untuk ber-outbound ria.
Outbound sekarang ini menjadi rekreasi yang sangat menyenangkan. Tak hanya sekolah atau lembaga tertentu yang tertarik dengan wisata outbound, banyak keluarga memutuskan liburan akhir pekannya ke tempat wisata dengan fasilitas outbound-nya.
Di Jakarta banyak tempat menarik untuk wisata outbound, salah satunya ada di pinggiran Kota Jakarta bernama Taman Wisata Situ Gintung D’Palma Cireundeu Ciputat. Terdapat udara yang sejuk, suasana yang tenang, dan lengkap dengan fasilitas rekreasi keluarga termasuk sarana outbound.
Taman wisata ini tersembunyi di balik keramaian Kota Ciputat yang lalu lintasnya macet saban hari itu. Dari luar, tempatnya kelihatan lebih mirip hutan kecil. Tapi begitu kaki melangkah ke dalam, pohon-pohon pinus besar itu seakan membawa kita ke suasana pegunungan. Bila tak hujan, kesejukan udara di bawah pepohonan membuat pengunjung lupa masih ada hutan di tengah sebuah kota.
Kawasan wisata ini didominasi oleh danau kecil atau situ yang cukup luas berbentuk tapal kuda. Luasnya mencapai 21 hektare, terhampar tepat di belakang kampus baru Universitas Islam Negeri Jakarta.
Menurut Syarif Hidayatullah, salah satu pelatih dan juga instruktur outbound di Situ Ginting ini, kegiatan outbound meningkatkan rasa percaya diri, membuka wawasan baru dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial, dan bekerjasama dengan orang lain serta meningkatkan kemampuan kreatif dalam memecahkan masalah.
‘’Memang outbound memberikan pengalaman untuk mandiri, dan diharapkan terbiasa untuk menyelesaikan masalah serumit apapun, sehingga anak tidak cepat menyerah atau ‘cengeng’, sebentar-bentar panggil papa atau mama,’’ katanya.
Sedang kegiatan outbound pada masing-masing tempat rata-rata hampir sama misalnya melakukan perkenalan, membuat group, pokoknya melakukan aktivitas yang ditujukan untuk memecah kekakuan sehingga dapat mempersatukan peserta dalam satu suasana sebelum memulai aktivitas lainnya. Biasanya aktivitas dalam sesi ini merupakan aktivitas yang menyenangkan.
Sesi selanjutnya adalah memberikan motivasi yang bertujuan membentuk kepercayaan dalam kelompok. Sesi ini merupakan sesi paling penting. Jika sesi ini sukses, maka sesi lainnya kemungkinan besar akan sukses.
Terakhir, sesi inti dengan mengarungi rintangan dalam permainan. Sesi ini merupakan sesi yang paling panjang. Karena sesi ini dimaksudkan untuk melihat kualitas seseorang. Pada sesi ini, akan terlihat karakter asli masing-masing orang. Pada sesi ini juga konflik antar peserta akan muncul. Kegiatan untuk sesi ini biasanya bukan kegiatan yang terlalu berat. Meskipun begitu, kegiatannya sangat menguras energi. Karena tiap peserta diharuskan untuk berpikir.
Kegiatan di tiap sesi pun beragam. Mulai dari permainan, kegiatan kelompok, individu, kegiatan yang dilakukan di atas tanah hingga kegiatan ketinggian yang dilakukan di atas tanah. ‘’Ada ratusan permainan yang dapat digunakan. Bahkan, dari satu alat saja bisa muncul berbagai macam permainan,’’ kata Syarif.
KPO/EDISI 151/MEI 2008
Thanks for reading Bidik Pengalaman Mandiri

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar