Home » » Wanita Ditantang Berkarya

Wanita Ditantang Berkarya

Oleh: Heni Kurniawati
Perempuan merupakan pilar dunia. Melalui wanita lahir tokoh-tokoh dunia. Sayang, masih banyak perempuan Indonesia dan Bali khususnya belum memiliki peran di dalam kehidupan sosial masyarakat. Sebagian besar perempuan hanya berkutat di sektor bawah atau menjadi masyarakat yang tertinggal. Melalui seminar yang bertajuk “Membangkitkan Peran Wanita Dalam Kepedulian Sosial” yang diadakan Badan Amal Zakat DSM (Dompet Sosial Madani) bertempat di gedung KBPPP, Renon, Denpasar, Minggu (4/5), ingin membuka kesadaran wanita.
Ni Nyoman Masni, SH, Ketua Umum Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW) Bali, menganggap pada dasarnya wanita Bali memiliki etos kerja tinggi dan mampu bergerak di sektor sosial pemerintahan. Hanya saja wanita yang 61 persen mendonimasi penduduk Bali, banyak tidak memiliki keterampilan, sehingga peran wanita tidak sampai pada jenjang lebih menjanjikan. Dengan demikian, banyak perempuan yang tidak mampu untuk mengangkat derajat hidupnya dan tetap mendominasi masyarakat miskin yang ada di Bali. Peran organisai sangat penting dalam meningkatkan kualitas perempuan. ”Masyarakat Bali memiliki semangat yang tinggi dalam melakukan usaha. Tetapi keterampilan mereka sangat minim, sehingga usaha tersebut belum dapat membantu meningkatkan kesejahteraan sosial mereka. Di sinilah peran organisasi perempuan sangat dibutuhkan agar perempuan memiliki keterampilan yang memadai,” katanya.
Sementara, drs. I Gusti Made Bagiadi,Msi, Kepala TU Dinas Sosial Provinsi Bali, menyebutkan kerjasama organisasi wanita dan dinas sosial untuk meningkatkan kualitas wanita dalam mengentas kemiskinan di Bali. Angka kemiskinan tahun 2006 mencapai 147,034 rumah tangga. Sementara, pada tahun 2007 tercatat 142.699 rumah tangga miskin. ”Pemerintah akan terus berupaya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, melalui program pemberdayaan keluarga harapan. Karena pada tahun 2008 ini, terdapat banyak keluarga miskin yang harus diperhatikan. Untuk tahun ini sekitar lima ribu rumah tangga miskin yang ingin kami entaskan,” ungkapnya.
Hadir bintang tamu Cici Tegal. Dengan banyolan khas berdialek Tegal, Cici berharap wanita Indonesia memiliki kemauan yang keras untuk berusaha. Kemauan adalah hal yang terpenting untuk menjadi sukses. Setiap orang memiliki kesempatan dan kemampuan. Tetapi jika tidak memiliki kemauan sama saja bohong. Perempuan yang bernama asli Sri Wayuningsi ini mengaku kagum dengan wanita Bali yang memiliki kreativitas untuk menjadikan apapun menjadi usaha yang menghasilkan uang. ”Dalam setiap usaha harus memiliki kemauan. Jangan ragu atau banyak mikir, kalau ada kesempatan harus segerah diambil. Dan apabila memiliki ide untuk membuka usaha harus cepat direalisasikan dan jangan ditunda-tunda. Masalah modal dapat pinjam dulu. Karena banyak organisasi atau instansi yang mau membantu usaha atau orang yang memiliki kamauan untuk maju,” sarannya.
Thanks for reading Wanita Ditantang Berkarya

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar