Home » » Green Festival; Inspirasi Anak Peduli Alam

Green Festival; Inspirasi Anak Peduli Alam

OLEH: AGUS SALAM
Ini tidak sekedar ajang informasi seputar pemanasan. Green Festival yang berlangsung 18-20 April lalu di parkir timur Senayan Jakarta membawa nuansa lain bagi generasi muda khususnya anak-anak. Agak salah untuk menyebut agenda itu sebagai media bermain anak-anak semata. Meski begitu, sembari bermain, anak-anak juga diberikan edukasi tentang lingkungan sehingga mereka sejak dini bisa mencintai lingkungan alam sekitar melalui petunjuk praktis dan aplikatif mengurangi laju pemanasan global.
‘’Kami ingin menginformasi bahwa pemanasan global adalah masalah yang dekat dengan kehidupan seluruh umat manusia. Siapa pun bisa berperan mengurangi lajunya pemanasan global. Anak-anak bisa mencontohnya dengan petunjuk praktis yang diperagakan,’’ kata Ketua Panitia Green Festival, Nugroho F Yudho dari Kompas Gramedia.
Sebagai program edukasi bagi masyarakat khususnya generasi muda untuk menambah pengetahuan, wawasan dan memberikan inspirasi cara berkontribusi dalam mengurangi pemanasan global. ‘’Setelah konferensi tingkat tinggi tentang perubahan iklim di Bali, banyak dibicarakan mengenai global warming, namun ada beberapa kelompok masyarakat yang belum mengetahui apa sebenarnya global warming. Karena itu tujuan festival ini melakukan kampanye tentang global warming dan membuka kesadaran terhadap itu kepada seluruh kelompok masyarakat,’’ kata Direktur Human Resources and Corporate Relations PT Unilever Indonesia Tbk, Josef Bataona yang berperan aktif menyukseskan acara tersebut.
Pegunjung sejak dari pintu masuk sudah disambut informasi seputar pemanasan global. Disusul pemaparam aktivitas keseharian di rumah terkait pemanasan global, mulai dari garasi, halaman, ruang keluarga, kamar mandi hingga dapur. Pada zona lain, pengunjung dapat menjumpai stan produk daur ulang, mainan edukatif tentang lingkungan, produk elektronik berhasis tenaga matahari, stan sepeda dan lain-lain.
Beberapa anak sekolah yang datang secara berkelompok tampak senang melihat petunjuk langsung bagaimana mengurangi laju pemanasan global. Anak-anak juga berinisiatif mencatat setiap pesan dan tips-tips yang dilakukan di dapur, di pekarangan rumah, di sekolah maupun di mana saja kala mereka berada.
Salah satu tips menarik yang pantas mereka tulis, ‘‘Tahukah Anda mencuci mobil menggunakan air dalam ember dan lap menghemat konsumsi air bersih hingga 250 liter? Jika bandingkan mencuci menggunakan air dengan selang. Soal sampah juga memikat perhatian pengunjung. Selama ini sampah dipersepsikan sebagai barang terbuang padahal bisa mendatangkan sesuatu yang bermanfaat pasca daur ulang atau mengubah sampah menjadi pupuk buat pertumbuhan tanaman.
Thanks for reading Green Festival; Inspirasi Anak Peduli Alam

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar