Home » » Bisnis Komputer Kian Kondusif

Bisnis Komputer Kian Kondusif

OLEH: AGUS SALAM
Bisnis komputer akan semakin kondusif sejalan dengan kebutuhan perangkat teknologi di masyarakat. Penjualan komputer di Indonesia setiap tahun tumbuh di kisaran 30%-40%. Pada tahun 2008 ini, Asosiasi Pengusaha Komputer Indonesia (Apkomindo) menargetkan penjualan komputer (PC, note book dan server) bisa tembus 2,4 juta unit.
‘’Jadi target di 2008 lebih tinggi dibandingkan realisasi penjualan komputer tahun 2007 yang mencapai 1,8 juta unit. Sementara tahun 2006, penjualan komputer sebanyak 1,4 juta unit,’’ kata Ketua Apkomindo Pusat, Henkyanto Tjokro Adiguno dalam menyinggung prospek pertumbuhan komputer di tanah air.
Apkomindo adalah wadah kesatuan komunitas perusahaan komputer di Indonesia. Asosiasi ini mengedepankan layanan dan kemudahan bagi para anggotanya. Pameran komputer NIX (National IT Expo) ini menambah daftar pameran komputer berkelas nasional yang sudah lebih dulu diprakarasai Apkomindo seperti Mega Bazaar, Festival Komputer Indonesia dan Indocomtech. Seperti halnya pameran lainnya, rencananya pameran NIX yang baru pertama kali diadakan ini juga akan diadakan secara tahunan.
Menurut Henky, dari pasar komputer, penjualan PC melambat meskipun secara kuantiti PC lebih besar daripada penjualan notebook. ‘’Misalnya penjualan notebook 2 unit sebulan tapi kenaikannya mencapai 300%, sedangkan penjualan PC sebulan 100 unit tapi naiknya 1%,’’ katanya.
Sedangkan dari merek lokal dan luar terutama di notebook, merek lokal di tahun ini belum bisa meraih market leader dibandingkan merek luar. Meskipun dari sisi fitur antara merek satu dan lainnya, tidak jauh beda.
Henky juga menilai penjualan komputer di Indonesia akan terus mengikuti perkembangan prosesor. Dengan tingkat penjualan unit yang ada sampai saat ini, jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Bahkan secara unit penjuala komputer di Indonesia paling kecil dibandingkan negara kawasan Asean.
‘’Ada beberapa faktor yang membuat kondisi seperti itu. Pengetahuan masyakat akan pentingnya teknologi informasi untuk bisnis dan kehidupan sehari-hari masih rendah, masalah daya beli. Tidak kalah pentingnya, peraturan yang tidak membuat barang-barang IT tumbuh dengan pesat,’’ katanya.
Sedang aturan itu membuat bisnis komputer tidak kondusif lanjut Henky misalnya perakit PC nasional harus ada ijin industri. Padahal mendapatkan ijin industri tidak mudah. Intruksi manual harus berbahasa Indonesia, dan produk printer berwarna harus didaftar.
Menyikapi kendala dari sisi regulasi tersebut, jelas Henky, Apkomindo meminta pemerintah kalau menjalankan aturan hendaknya birokrasi dipermudah dan ada kepastian biaya.
Thanks for reading Bisnis Komputer Kian Kondusif

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar