Home » » Tanaman Obat Subur Dengan EM

Tanaman Obat Subur Dengan EM

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Saat ini, pengobatan secara alami menggunakan tanaman obat sedang menjadi tren di tengah masyarakat kita. Bahkan sekarang Pemkot Surabaya secara rutin melombakan penghijauan dan tanaman obat setiap kelurahan. Karena lomba seperti dianggap mempunyai banyak manfaat. Selain lingkungan menjadi hijau, tanaman obat bisa membantu kebutuhan ekonomi keluarga.
“Saya punya pengalaman yang bermanfaat antara penggunaan EM dengan tanaman obat. Dulu sebelum menggunakan EM, tanaman obat saya tumbuhnya tidak subur. Bahkan hampir mati. Salah satu diantara tanaman obat milik saya itu adalah mahkota dewa. Kemudian saya disarankan untuk menggunakan EM. Hasilnya sungguh menakjubkan. Tanaman obat tumbuh subur dan lebih segar dipandang,” kata Sabar, warga Perak.
Melihat tanaman obat yang ditanam di halam rumah subur, para tetangga pun bertanya resepnya. Sejak itulah, menggunakan EM untuk berbagai macam tanaman sangat populer di wilayahnya. Tidak hanya untuk tanaman obat, tapi juga untuk tanaman hias, bunga atau buah-buahan. Bahkan beberapa dari warga di tempat tersebut mulai mengolah tanaman obat menjadi jamu.
Mulai jamu dalam bentuk cairan dan langsung minum atau dikemas dalam bentuk bubuk. Inilah yang dimaksud mempunyai manfaat ganda. Karena hasilnya tentu saja dapat menambah kebutuhan ekonomi keluarga. Ada juga yang mengolah kembali sampah anorganik menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.
Thanks for reading Tanaman Obat Subur Dengan EM

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar