Home » » Tidak Kejar Nilai Akademis

Tidak Kejar Nilai Akademis

OLEH: HENI KURNIAWATI
Belajar tidak hanya sekadar pencarian nilai akademis semata. Penanaman nilai moral pun dibutuhkan bagi perkembangan anak. Nilai akhlak menjadi kebutuhan yang krusial di tengah jaman kian dinamis. Moral sebagai benteng dalam menghadapi pengaruh buruk lingkungan dan masyarakat. Konsep ajaran akhlak dalam pendidikan perlu diterapkan oleh setiap guru atau sekolah.
Evi Afifah Hurryati, M.Si, Peneliti Pendidikan Makmal Lembaga Pengembangan Insani (LPI), Jakarta, mengatakan jika ajaran moral sangat penting untuk membantu anak dalam bermasyarakat. Maraknya sekolah dengan konsep akhlak dan budi pekerti merupakan jawaban atas keinginan para orang tua siswa, yang ingin anaknya memiliki akhlak yang baik. Pelajaran moral merupakan suatu kebutuhan yang perlu diterapkan dalam sekolah. Sebab nilai moral sangat penting bagi anak. “Masyarakat mulai sadar tentang pentingnya nilai moral atau akhlak dalam kehidupan. Dengan penanaman moral yang baik akan dapat mengatar suatu pribadi dalam kehidupan bermasyarakat. Penanaman moral juga dapat mengatasi segala bentuk permasalahan. Sebab akhlak dapat membuat orang untuk lebih berpikir positif,” ungkapnya.
Pelajaran moral dalam sekolah merupakan cikal bakal terbentuknya insan yang bermartabat dalam pergaulan dan berhubungan dengan orang lain. Sekolah yang merangkum ilmu agama dalam setiap pelajaran dapat memberikan pendidikan secara seimbang. Kurikulum dalam sekolah berlandaskan moral, dengan menilai palajaran dari dua sisi yaitu umum dan nilai agama. Untuk itu, setiap pelajaran harus terintergrasi dengan nilai akhlak, sehingga pelajaran dapat diberikan secara sistematik. Pelajaran umum dan moral diberikan secara bersamaan dan bukan terpisah seperti yang terjadi pada sekolah umumnya. ”Ilmu agama harus diperkenalkan dalam setiap pelajaran. Dalam ajaran agama itulah banyak memuat nilai-nilai moral yang baik untuk anak. Untuk itu, antara pelajaran umum dengan agama harus selaras dan sistematik. Ilmu agama harus diperkenalkan dalam setiap pelajaran. Sebab belajar merupakan proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang baik menghasilkan nalai yang baik pula,” ujarnya.
Thanks for reading Tidak Kejar Nilai Akademis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar