Home » » Sereh, Tanaman Rumput Multi Khasiat

Sereh, Tanaman Rumput Multi Khasiat

Oleh: Wayan Nita
Siapa tak kenal dengan sereh? Tanaman rumput-rumputan yang dapat tumbuh dimana saja dan menebarkan bau harum. Maka banyak juga orang yang menyebutnya dengan ‘Sereh Wangi’. Bagian tanaman yang sering digunakan adalah bagian batang atau bonggolnya. Masyarakat sering menanamnya di pekarangan rumah sebagai tanaman obat. Atau banyak juga kita temui di pinggir-pinggir sawah dan tegalan juga di sepanjang jalan.
Baunya yang harum membuat tanaman ini sangat banyak khasiatnya. Masyarakat memanfaatkannya untuk bumbu penyedap masakan, minuman dan juga untuk pengobatan. Minuman yang berbahan batang/bonggol sereh ini cukup populer. Jika di tanah Pasundan dinamakan bandrek, di tanah Jawa dikenal sebagai serbat. Sebagai campuran minuman, sereh menjadikan tubuh terasa hangat. Masakan yang menggunakan campuran sereh akan menimbulkan aroma harum. Rasanya juga menjadi lebih gurih dan meningkatkan nafsu makan.
Aroma harum ditimbulkan dari kandungan senyawa minyak atsiri. Baik yang terdapat pada daun maupun batang sereh. Dalam dunia pengobatan tradisional, sereh sering digunakan sebagai obat yang berhubungan dengan usus. Dan minyaknya dapat digunakan sebagai bahan urut rematik. Batangnya dapat digunakan sebagai peluruh ari seni, peluruh keringat, peluruh dahak/obat batuk, bhan untuk kumur dan penghangat badan. Sedangkan daunnya dapat digunakan sebagai peluruh angina kentut, penambah nafzu makan, pengobatan pasca persalinan, penurun panas dan pereda kejang.
Bagi wanita yang haidnya tidak teratur dapat membuat ramuan herbal dengan sereh ini. Caranya gunakan 15gr batang sereh, 30gr daun dewa, 20gr kunyit, 25gr kencur, 25gr temu hitam dan 15gr bangle. Cukup direbus dengan 600cc air hingga tersisa 200cc, kemudian disaring dan diminum. Jika ingin menggunakan sereh sebagai peluruh keringat, dibutuhkan 15gr akar sereh, 10gr daun sereh yang masih muda. Ditambah 20gr jahe dan direbus dengan 500cc air hingga tersisa 200cc. Saring ramuan hernal tadi dan ambil airnya untuk diminum hangat-hangat.
Thanks for reading Sereh, Tanaman Rumput Multi Khasiat

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar