Home » » “Geplak” Ikon Kuliner Bantul

“Geplak” Ikon Kuliner Bantul

Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) punya potensi wisata kuliner dengan beragam jenis produk makanan seperti "geplak" yang sudah menjadi ikon kuliner di daerah ini.
"Bantul juga punya berbagai jenis makanan khas seperti sate klathak, mi letheg, gudheg manggar, bahkan di Pantai Depok yang terletak di sebelah barat Pantai Parangtritis kini ada sentra masakan makanan hasil laut," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bantul, Suyoto.
Menurut dia, di Desa Canden Kecamatan Jetis ada produk khas minuman herbal tradisional yang tak kalah uniknya, yaitu jamu gendong. "Di sebelah timur Desa Canden, persisnya dekat makam Raja-Raja Mataram di Imogiri, yaitu Desa Pajimatan, ada minuman khas tradisonal wedang uwuh," ujarnya.
Namun sayangnya berbagai potensi kuliner yang cukup luar biasa ini belum dikemas menarik sehingga belum bisa secara optimal mengangkat citra Bantul sebagai tujuan wisata kuliner.
Menurut dia, Pemerintah Kabupaten Bantul melalui program peningkatan kualitas sumber daya bidang pariwisata berencana mengadakan pelatihan pengemasan makanan kuliner dengan pendekatan kewirausahaan pada tahun anggaran 2009 ini.
Program pelatihan ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa yang telah dilaksanakan tahun-tahun sebelumnya. Hanya saja, pada tahun ini lebih intensif, dan diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama Bantul sudah siap menjadi ikon baru wisata kuliner baik di tingkat provinsi maupun nasional.
Sementara itu, Kabid Pemasaran dan Kemitraan Disbudpar Bantul, A. Diah Setiawati menjelaskan pelatihan tersebut diselenggarakan empat kali di berbagai lokasi berbeda di wilayah Kabupaten Bantul, yaitu Dusun Pajimatan Kecamatan Imogiri, Pantai Depok Parangtritis, Desa Lopati Kecamatan Srandakan, dan Desa Canden Kecamatan Jetis.
Pelatihan tersebut diselenggarakan atas kerja sama Disbudpar Bantul dan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, bertujuan agar masyarakat punya kemampuan yang memadai untuk menggali, mengembangkan dan mengemas potensi wisata kuliner khas lokal, sekaligus melestarikan dan meningkatkan kesejahteraan mereka.
"Melalui kegiatan pelatihan seperti ini diharapkan tercipta pola pikir masyarakat desa di Kabubapten Bantul untuk menyadari arti pentingnya sektor pariwisata dalam meningkatkan kesejahteraan warga," katanya.
KORAN PAK OLES/EDISI 173/16-30 APRIL 2009
Thanks for reading “Geplak” Ikon Kuliner Bantul

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar