Home » , » Ecocity Untuk Pisang Cavendish

Ecocity Untuk Pisang Cavendish

OLEH: AGUS SALAM
Demplot pohon pisang cavendish milik PT Nusantara Tropical Fruit Jl Taman Nasional Way Kambas, Rajabasa Wayjepara, Lampung Timur ternyata memakai cairan Ecocity. Selama tiga bulan ditritmen, pertumbuhan tanaman ini lebih cepat. Selain itu batang pohon pisang cavendish terlihat subur, kokoh dan besar dengan daun lebih lebih lebar.
Tim ahli PT Songgolangit Persada Jakarta, Ir Zakky Husein menyatakan, pupuk organik cair berupa Ecocity merupakan hasil pengembangan dari teknologi EM yang dikhususkan untuk tanaman perkebunan atau tanaman tahunan. Ecocity mengandung berbagai unsur hara, baik makro maupun mikro dan mineral berupa asam amino, vitamin, hormon, enzyme dan antioksidan yang memberi daya tahan terhadap gangguan penyakit, cuaca dan lingkungan ekstrim.
Ecocity juga diperkaya konsentrasi inoculant EM4 yang mengandung bakteri pelarut Phosphot, Lactobacillus, bakteri Fotosintetik, Actinomycetes, Streptomyces dan ragi dalam komposisi tepat dan seimbang yang bermanfaat bagi tanah dan tanaman. Hal ini disebabkan setiap species mikroba mempunyai fungsi dan peranan sendiri dengan sifat saling menunjang dan bekerja sinergis. Bakteri dalam Ecocity juga berasal dari alam asli Indonesia yang aman bagi lingkungan. Selama uji coba, Ecocity telah memberikan hasil yang cukup prima dan hemat biaya penggunaan pupuk kimia hingga 50%.
Cavendish merupakan jenis pisang yang miliki nilai ekonomis tinggi dan komoditas ekspor yang cukup menjanjikan. Pisang cavendish yang disajikan sebagai buah segar sangat menarik dengan buah cukup besar. Biasanya jenis pisang ini dipasarkan di sejumlah super market. Pisang cavendish banyak diusahakan dalam skala besar sebagai komoditas ekspor buah-buahan dalam buah segar, ke Eropa dan Timur Tengah. Di sejumlah Negara di luar negeri, pisang ini lebih dikenal dengan sebutan Dwarf cavendish dan Giant Cavendish.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Ecocity Untuk Pisang Cavendish

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar