Home » » Komunikasi Intim, Dorong Anak Cinta Lingkungan

Komunikasi Intim, Dorong Anak Cinta Lingkungan

Keintiman komunikasi antara orangtua dengan anak dalam sebuah keluarga menjadi penting dan sebagai faktor pendorong membentuk anak-anak yang memiliki kecintaan terhadap lingkungan hidup dimulai dari sekitarnya.
"Keintiman komunikasi keluarga telah terbukti banyak manfaatnya, dan yang juga tidak kalah penting dalam mendorong anak menjadi mencintai lingkungan," kata Siti Kamilah, selaku ketua acara peringatan Hari Bumi di lingkungan Taman Kanak-kanak (TK) Assalam Bandung, Rabu pekan lalu.
Peringatan Hari Bumi 2009 TK Assalam bertajuk "Kegiatan Hari Bumi dan Kartini" berlangsung meriah melibatkan para anak TK dan para orangtua mereka.
Menurut Siti Kamilah yang juga pengasuh anak TK Assalam, dengan mengajak anak berpikir kreatif dalam mengolah limbah menjadi barang berguna setidaknya dapat mengail kecintaan akan lingkungan dan lebih merekatkan hubungan orangtua dan anak.
Selain lingkungan dan institusi pendidikan, pentingnya hubungan baik dan peran orangtua dalam menciptakan kesadaran akan lingkungan kepada anak.
Sebagai bentuk upaya untuk meretas kesadaran tersebut, maka diadakanlah sebuah program yang digela rutin setiap tahun sejak 2006 untuk memperingati hari bumi di TK Assalam. Programnya bersifat tematik. Setiap tahun memiliki tema-tema yang berbeda.
Tema untuk tahun ini adalah "Kreatif Mendaur Limbah Menjadi Barang Berguna".
Acara digelar mulai Rabu pagi itu diikuti 250 anak TK yang melakukan karnaval mengenakan busana dari bahan daur ulang yang mereka buat bersama orang tuanya masing-masing. Melalui proses pembuatan busana tersebut diharapkan adanya keintiman komunikasi antara orangtua dan anak,sekaligus mengasah anak untuk lebih kreatif dan mencintai lingkungan sekitar.
Sementara Meiana, salah seorang orangtua siswa, mengatakan bahwa dengan mengikuti program semacam ini, komunikasi dirinya dan anaknya menjadi sangat dekat, sehingga ajakan-ajakan untuk berpikir lebih kreatif dan mencintai lingkungan dapat lebih mudah disampaikan. "Acara semacam ini sangat positif sekali, terutama guna mendekatkan hubungan orangtua, anak dan guru," katanya.
Dengan didampingi orangtua dan dan guru mereka masing-masing, para peserta nampak antusias dan ceria untuk karnaval mengelilingi jalan Sasak Gantung, Balonggede, Pendopo Dewi Sartika, dan Alun-alun.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Komunikasi Intim, Dorong Anak Cinta Lingkungan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar