Home » » Pembuatan Film Indie Harus Peka

Pembuatan Film Indie Harus Peka

Para pembuat film indie harus peka dalam melihat realitas yang terjadi di masyarakat agar film memiliki unsur menghibur dan mendidik. "Peran komunitas film indie untuk mendidik penonton melalui film agaknya sudan terlupakan akhir-akhir ini," kata pembuat Fim indie yang tergabung dalam film `9 matahari` dalam diskusi terbuka bertajuk `Kreatif dengan Film Indie,` di Unisba Bandung, Rabu pekan lalu.
Dikatakannya hal itu merupakan dampak karena putusnya mata rantai antargenerasi dalam komunitas film indie. “Banyak anggota komunitas film indie yang kemudian tiba-tiba menghilang. Ini membuat anggota yang baru masuk ke dalam komunitas indie memulai dari nol lagi, karena tidak adanya transfer ilmu dan wawasan dari generasi yang sebelumnya,” terang Danny.
Ikatan dalam komunitas film indie tidak solid. Inilah kemudian yang menjadi penyebab banyaknya komunitas-komunitas film indie yang potensial di Bandung kemudian bubar.
Menurutnya, saat ini hanya sedikit komunitas film indie yang masih bertahan, itu pun hanya komunitas film indie di kampus.
Dikatakannya, saat ini ada empat tema yang mendominasi cerita film indie. Empat tema tersebut adalah percintaan, seksualitas, kekerasan, dan narkoba.
Ia sangat menyayangkan hal tersebut, karena film merupakan media propaganda gagasan yang paling efektif, jadi sangat disayangkan jika tidak dipergunakan untuk menyampaikan pesan yang baik kepada masyarakat. “Lagipula, masalah di masyarakat bukan hanya empat hal itu saja. Masih banyak masalah lain yang mungkin jauh lebih menarik jika diangkat dalam film,” tutur Danny.
Pengkayaan gagasan dalam film indie saat ini sangat jarang terjadi. Dikatakannya, sekarang semakin sulit menemukan pembuat film indie yang berpikir “out of box” atau “di luar kotak”.
Hal yang sama juga terjadi pada produksi film-film layar lebar. “Lihat saja, film-film di bioskop itu didominasi oleh film horror. Masyarakat pasti jenuh dan bosan melihat film dengan tema seperti itu terus menerus. Inilah kesempatan bagi pembuat film indie untuk menampilkan tontonan alternatif bagi masyarakat,” katanya dilansir Antara.
KORAN PAK OLES/EDISI 173/16-30 APRIL 2009
Thanks for reading Pembuatan Film Indie Harus Peka

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar