Home » » Radar Buatan Anak Negeri Diluncurkan

Radar Buatan Anak Negeri Diluncurkan

Radar produksi anak negeri diluncurkan di Bandung, bersamaan digelarnya sebuah seminar bertajuk Radar Nasional 2009, Kamis (30/4). Peluncuran dilakukan bersama Pusat Penelitian Eletronika dan Komunikasi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (PPET LIPI) bekerjasama dengan Sekolah Teknik Elektro dan Inforatika Institut Teknologi Bandung (STEI ITB) dan International Research Centre for Telecommunication and Radar Belanda.
Dalam program mewujudkan bangsa dan ketahanan nasional dengan radar dalam negeri adalah agar potensi yang dimiliki oleh anak negeri bisa membanggakan Indonesia.
Dikarenakan Indonesia adalah negara dengan potensi becana alam maka PPET LIPI membuat radar dengan nama INDERA (Indonesian Radar), INDERA sendiri adalah Radar pertama kali yang diproduksi oleh Indonesia. Sampai saat ini INDERA masih dalam pengembangan agar bisa menyaingi radar-radar buatan luar negeri.
Radar buatan Indonesia ini mempunya keunikan dari beberapa radar yang sudah ada, dengan menggunakan teknologi Frequency Modulated Continuous Wave (FM-CW), sehingga konsumsi daya dan ukuran radar menjadi lebih kecil dari ukuran radar pada umumnya. Tetapi tanpa mengurangi keunggulan yang mengikuti perkembangan jaman.
Selain acara seminar yang diadakan oleh PPET LIPI ini, juga sebuah acara peluncuran produk radar buatan Indonesia.
Dalam peluncuran radar buatan Indonesia terdapat dua buah produk radar hasil litbang oleh anak bangsa yaitu Radar Pengawas Pantai dan Radar Navigasi Kapal.
Mengingat peranan radar yang sangat penting, maka perlu dilakukan suatu inventarisasi kebutuhan dan kemampuan Indonesia dalam penyediaan radar secara mandiri.
Dalam seminar dan peluncuran radar buatan Indonesia yang pertama kali ini, dihadiri oleh para pembuat keputusan. Turut hadir staf ahli MENRISTEK bidang HANKAM dan perwakilan TNI AU yang diwakili oleh Marsekal Pertama TNI Wasito. Selain itu turut hadir pula pembicara dari Belanda yaitu Prof Dr Ir Leo P Ligthart, seorang ahli Radar dari IRCTR-TU Delft.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Radar Buatan Anak Negeri Diluncurkan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar