Home » » Ciptakan Pasar Investasi Strategis

Ciptakan Pasar Investasi Strategis

Buktikan Jamu Berkualitas
Konsultan Frost and Sullivan menyarankan agar pengusaha menciptakan pasar investasi yang strategis dalam bidang riset, pengembangan produk, dan strategi pertumbuhan untuk meraih keuntungan maksimal di dalam pemulihan ekonomi.
"Jika pemulihan ekonomi terjadi seperti pada resesi pada tahun 2002, maka dipastikan ekonomi dunia akan membaik dengan cepat. Langkah penciptaan pasar investasi yang strategis tentu akan membuat perusahaan lebih siap bertanding," kata Country Director Frost and Sullivan Indonesia, Eugene van de Weerd.
Ia mengatakan tingkat pertumbuhan menjadi fokus utama para CEO perusahaan dalam menjalankan bisnis sekarang ini. "Respon alami dari 50 lebih perusahaan dengan memangkas anggaran mereka dan pengurangan pegawai seharusnya dihindari," ujar dia.
Ia menyarankan agar pengusaha di tanah air untuk memperluas jam kerja manajemen, menyamaratakan tanggung jawab untuk setiap tim kerja, dan lebih fokus pada pendukung layanan purna jual, membimbing dan memonitor jalur penjualan serta hanya memangkas biaya operasional untuk dapat mempertemukan permintaan minimal.
Menurut van de Weerd, krisis sebenarnya dapat menciptakan kesempatan bagus untuk perusahaan di Indonesia, terutama untuk strategi peningkatan ekonomi. Perusahaan harusnya fokus pada titik tolak peningkatan dan menjadi yang pertama bergerak, melompat, berkompetisi, dan menciptakan kondisi pasar yang kondusif yang sebenarnya sulit dicapai di keadaan ekonomi normal.
Sementara itu, Businees Development Manager Healtcare Practice Frost and Sullivan Indonesia, Steve Aditya, mengatakan, faktor perubahan regulasi, krisis finansial, dan berkembangnya teknologi informasi mempunyai peran penting dalam menciptakan perubahan yang dinamis di pasar farmasi sendri.
Ia menambahkan potensi pengembangan investasi bagi industri farmasi yang memproduksi herbal sangat besar saat ini. Hanya saja industri ini perlu bekerja keras dalam pembuktian kualitas produk di pasar global. "Riset lebih penting dari pada cerita sukses. Ini memang mahal, namun ini akan sangat mendukung perkembangan industri farmasi herbal untuk dapat meyakinkan pasar global," katanya.
Di lain pihak, bisnis di bidang herbal jauh lebih menjanjikan mengingat produk ini menggunakan lebih dari 60 persen bahan baku lokal, sedangkan untuk industri farmasi kimia, 90 persen bahan baku masih impor. "Dunia saat ini bergerak mencari alternatif pengobatan dan produk herbal atau jamu yang merupakan obat tradisional Indonesia juga akan mampu menembus pasar global apabila industri berani melakukan riset untuk membuktikan bahwa produk tersebut berkualitas," ujar Steve.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Ciptakan Pasar Investasi Strategis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar