Home » » IPB-BUCM Teliti Obat Stroke Berbasis Herbal

IPB-BUCM Teliti Obat Stroke Berbasis Herbal

Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Beijing University of Chinese Medicine (BUCM) bekerjasama dalam penelitian pembuatan produk obat stroke berbasis tanaman atau herbal Indonesia seperti alang-alang dan sambiloto. Kepala Pusat Studi Biofarmaka IPB Prof Dr Ir Latifah K Darusman, MS di Bogor, Jumat (24/4) menjelaskan, kerja sama tiga tahun itu mencakup pertukaran mahasiswa dan dosen, pelaksanaan pelatihan dan seminar.
Obat stroke berbasis herbal itu akan digunakan sebagai obat alternatif di rumah sakit. Berkaitan dengan ini, BUCM bekerja sama dengan RS Husada Jakarta membangun Unit Complementary Alternative Medicine. Unit ini digunakan RS Husada untuk menawarkan obat herbal kepada masyarakat.
Dalam kaitan itu, delegasi BUCM yang dipimpin Vice President of Foreign Affair, Prof Wang Zhong berkunjung ke IPB Selasa (21/4) dan disambut Rektor IPB, Dr Ir Herry Suhardiyanto. Saat itu, Rektor IPB didampingi Wakil Rektor Bidang Riset dan Kerja Sama, Dr Anas Miftah Fauzi, Kasubdir Program Internasional, Dr drh Muhammad Agil, MSc.Agr, Wakil Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Bidang Penelitian, Prof Ronny M.Rurr dan Kepala Pusat Studi Biofarmaka.
Kunjungan rombongan BUCM ini merupakan kunjungan balik empat perguruan tinggi Indonesia yakni IPB, UI, Unair dan UGM saat mengikuti kunjungan kenegaraan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ke RRC Oktober 2008. Juga menindaklanjuti kerja sama yang ditandatangani 27 Mei 2008. Kerja sama BUCM dengan empat perguruan tinggi itu mencakup pendirian S2 Herbal Medicine di Universitas Indonesia yang melibatkan tim IPB, rancangan pendirian pendidikan farmasi herbal antara IPB dan Unair, serta penelitian pembuatan produk obat stroke berbasis tanaman Indonesia dimaksud.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading IPB-BUCM Teliti Obat Stroke Berbasis Herbal

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar