Home » » Ribuan Warga Serang Tertular TBC

Ribuan Warga Serang Tertular TBC

Sebanyak 3.739 warga Kabupaten Serang, Banten tertular penyakit Tuberkulosis (TB) akibat rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) serta lilitan kemiskinan sehingga tidak mampu memenuhi asupan gizi yang baik. Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pusat Pelayanan Kesehatan Paru-Paru, Dinas Kesehatan Kabupaten Serang, Hj Oom Romlah, Jumat (24/4), mengatakan pihaknya terus melakukan pengobatan bagi penderita TB karena jika mereka tidak ditangani dipastikan menularkan penyakit itu kepada keluarga maupun warga lain.
Penyembuhan penyakit TB harus dilakukan dengan cara meminum obat selama enam bulan terus menerus. Obat itu diberikan secara gratis. Pengobatan penderita TB tidak boleh terputus dan harus diawasi melalui pengawasan obat minum (PMO) oleh keluarga, kader dan petugas puskesmas. "Bila pengobatan terputus mereka harus kembali menjalani pengobatan dari nol lagi," katanya.
Pengobatan TB harus terus menerus dilakukan selama enam bulan sesuai dengan rekomendasi dari WHO untuk penyembuhan penyakit tersebut. Selama penderita berobat secara teratur dan berkesinambungan maka penularan penyakit TB tidak akan menularkan penyakit itu kepada prang lain.
Karena itu, pihaknya mengingatkan kepada warga agar mewaspadai gejala TB, seperti batuk berdahak lebih dari tiga minggu, dada terasa nyeri dan sesak, demam lebih dari satu bulan, dan nafsu makan berkurang. "Jika gejala-gejala seperti itu dirasakan, sebaiknya diperiksakan ke rumah sakit atau puskesmas," katanya.
Dia menyebutan sebagian besar penyakit TB disebabkan kemiskinan dan buruknya kondisi lingkungan serta rendahnya perilaku hidup bersih dan sehat.
Ia mencontohkan, rumah yang tidak memiliki pintu jendela berpotensi menyebarkan kuman mycobecterium atau kuman TB. Karena itu, pihaknya meminta warga membangun rumah dengan ventilasi yang cukup sehingga sinar matahari bisa masuk ke dalam ruangan.
Penyakit TB merupakan jenis penyakit menular yang mematikan karena penderita akan terserang berbagai penyakit penyerta. Sepanjang 2008, lanjut dia, sebanyak 21 dari 3.383 penderita TB TB dilaporkan meninggal dunia dan selama Januari-Maret 2009 kasus temuan penderita TB baru mencapai 356 orang. "Penderita TB akan menjadi sumber penularan, sebab satu pederita bisa menularkan kepada 10 orang lain," ujarnya.
Rudi (50), seorang penderita TB asal Kecamatan Baros, Kabupaten Serang mengatakan, hingga kini masih dalam pengobatan TB selama enam bulan. "Selama masa pengobatan batuk-batuk saya semakin berkurang, padahal sebelumnya dari pagi sampai pagi lagi terus batuk-batuk," ujarnya.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Ribuan Warga Serang Tertular TBC

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar