Home » » Agustina Listiawati Sukses Kembangkan Bunga Bangkai

Agustina Listiawati Sukses Kembangkan Bunga Bangkai

Peneliti Anggrek dan Tanaman Hutan dari Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, Ir Agustina Listiawati, MP, berhasil mengembangkan bunga bangkai jenis Amorphophallus warna ungu endemik dari Pulau Kalimantan. ‘’Setahu saya bunga bangkai jenis Amorphophallus warna ungu termasuk jarang ditemukan sehingga saya berminat mengembangkannya sejak tiga tahun lalu,’’ kata Agustina Listiawati di Pontianak.
Ia mengatakan, tiga tahun lalu mendapat umbi atau bibit dari bunga bangkai dari teman sesama pencinta bunga langka dari Jakarta. ‘’Karena dia mengetahui saya termasuk pencinta anggrek, ia lantas memberikan satu umbi bunga bangkai untuk ditanam,’’ katanya.
Setelah menunggu selama tiga tahun, bunga bangkai itu pun mekar dalam tiga hari ini. Bunga itu menimbulkan bau busuk dan dikerumuni lalat berukuran besar. ‘’Sebelumnya saya menanam umbi bunga di pot. Tetapi ukurannya terlalu besar, jadi saya pindahkan ke halaman rumah. Setelah sempat tidak muncul ke permukaan, tanaman hidup kembali dan berbunga pada Selasa (14/4),’’ katanya.
Sekarang, Agustina juga sedang mengembangkan bibit tanaman itu agar menghasilkan umbi dan dapat ditanam kembali. ‘’Mudah-mudahan berhasil agar dapat dikembangkan lagi,’’ ujarnya. Bentuk bunga bangkai milik dosen Fakultas Pertanian Untan itu berdiameter 30 cm dan berwarna ungu. Saat ini kondisinya sudah mulai menguncup, setelah beberapa hari lalu kelopaknya terbuka lebar dan menimbulkan bau bangkai.
Dari beberapa situs di internet disebutkan, Amorphophallus merupakan tumbuhan tropikal dan sub tropikal berasal dari suku (family) talas-talasan (Araceae) yang terdiri dari ratusan sepesies. Di Indonesia spesies Amorphophallus yang terkenal adalah Amorphopallus Titanum atau bunga bangkai endemik dari Pulau Sumatera.
Disebut bunga bangkai karena dari bunganya mengeluarkan bau seperti bau bangkai membusuk yang dimaksudkan untuk mengundang kumbang dan lalat sebagai penyerbuk bunganya. Tanaman bunga bangkai merupakan tumbuhan dengan bunga majemuk atau jantan dan betina dalam satu bunga, terbesar di dunia dan hidup didaerah hutan hujan.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Agustina Listiawati Sukses Kembangkan Bunga Bangkai

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar