Home » » Din Stamsuddin Gundah Soal ‘Bangkok’

Din Stamsuddin Gundah Soal ‘Bangkok’

Diskusi IPB
Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin merasa gundah begitu melihat banyaknya produk pertanian dilabeli embel-embel ‘bangkok’ yang lebih banyak dicari konsumen di Indonesia dibanding produk lokal. ‘’Masyarakat kita mencari apa-apa yang berbau bangkok seperti jambu bangkok, duren bangkok, pepaya bangkok,’’ kata Din Syamsuddin dalam diskusi tentang pendidikan di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB), Kamis (23/4).
Thailand begitu hebatnya bisa mengembangkan sektor pertanian, bahkan ekspor ke Timur Tengah. Padahal, lanjut Din, Indonesia miliki sumber daya alam yang tidak kalah melimpah. Dengan nada menyindir, Din mengatakan, IPB sering diplesetkan sebagai Institut Perbankan Bogor karena banyak lulusan yang bekerja di bank atau Institut Publisistik Bogor karena banyak juga yang jadi wartawan. ‘’Pokoknya apa saja diajarkan di IPB kecuali pertanian,’’ kata Din berseloroh dan disambut tawa peserta diskusi yang sebagian besar mahasiswa pascasarjana IPB. Pernyataan Din tersebut kontan ditanggapi Rektor IPB Herry Suhardiyanto yang juga hadir dalam diskusi tersebut. IPB sudah banyak menghasilkan temuan di bidang pertanian, termasuk varietas baru, kata Herry saat menutup acara diskusi tersebut. ‘’Kita menemukan varietas baru pepaya yang diberi nama IPB-1, IPB-6, dan seterusnya. Salah satunya diberi nama Arum Bogor,’’ katanya.
Namun, kata Din, nama pepaya Arum Bogor yang diberikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak laku di pasaran. ‘’Setelah diganti menjadi pepaya California, baru ada respon pasar,’’ kata Herry. Jadi, pepaya California yang banyak dijumpai di pasar-pasar modern bukan dari California, AS tapi produk asli Bogor.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Din Stamsuddin Gundah Soal ‘Bangkok’

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar