Home » » Padukan Industri Kreatif Dengan Teknologi

Padukan Industri Kreatif Dengan Teknologi

Industri kreatif sangat potensial dikembangkan di berbagai daerah terkait beragamnya budaya dan seni nusantara, sehingga perguruan tinggi harus mampu mendorong berkembangnya ekonomi kreatif ini melalui riset dan inovasi.
"Kita kaya akan budaya, seni dan agama. Karena itu, industri kreatif menjadi hal yang sangat potensial dikembangkan.Meski demikian, industri ini jangan sekedar sebagai kerajinan semata dan harus dikembangkan dengan teknologi," kata Dirjen Pendidikan Tinggi Depdiknas, Fasli Jalal.
Dengan riset dan teknologi, lanjut dia, perkembangan industri kreatif akan menjadi jauh lebih baik dan akan memiliki daya saing cukup tinggi dibanding negara lainnya.
Karena itu, ujarnya, pada puncak Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2009 yang akan diselenggarakan di Sasana Budaya Ganesha Kampus ITB, Bandung pada Minggu 14 Mei 2009 akan ditonjolkan berbagai informasi bagaimana pendidikan tinggi mendorong industri kreatif. "Kami akan beri contoh yang telah dihasilkan berbagai perguruan tinggi kita dan memamerkan bagaimana tersedianya banyak potensi di berbagai daerah, baik potensi kelautan, kehutanan, termasuk potensi sabana di daerah Nusa Tenggara," katanya.
Dirjen Dikti, ujarnya, akan mendanai penelitian-penelitian di daerah untuk mengembangkan industri kreatif ini dan menjanjikan dana riset teknologi itu hingga Rp 250 juta per orang.
Sementara itu, Rektor ITB, Prof Dr Djoko Santoso, mengatakan, Peringatan Hardiknas yang akan dihadiri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan pejabat tinggi lainnya itu akan menggelar pameran, berbagai lomba ilmiah, bakti sosial, pemberian penghargaan, olahraga, ziarah, serta peresmian hasil-hasil pembangunan di bidang pendidikan.
Djoko mengatakan, pada puncak peringatan Hardiknas itu akan ditonjolkan bagaimana hasil dari Wajib Belajar Sembilan Tahun, bagaimana pendidikan melalui teknologi bisa mendukung pertumbuhan industri kreatif dan bagaimana mendorong ekonomi kreatif melalui riset. "Contohnya di seni kriya, untuk menggambari logam memerlukan zat kimia tertentu. Zat kimia ini dibuat dengan teknologi tertentu," kata Djoko.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Padukan Industri Kreatif Dengan Teknologi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar