Home » » Poktan Sukalilah Siap Wakili Jabar

Poktan Sukalilah Siap Wakili Jabar

Kelompok Tani Sukalilah dari Kampung Panawuan, Kelurahan Sukajaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut terpilih mewakili Jawa Barat pada lomba kelompok tani (Poktan) berprestasi tingkat nasional. Poktan Sukalilah berhasil unggul pada verifikasi terhadap ratusan Poktan se-Jabar, kata Wakil Bupati Garut, Dicky Chandra, Selasa (28/4).
Poktan Sukalilah selama ini juga dijadikan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Sumber Daya Terpadu (SLPTT) dengan mengelola areal tanaman padi sawah varietas Sarinah. Pengelolaan tanaman padi melibatkan 100 orang petani itu mampu menghasilkan produksi 7,2 ton gabah kering giling (GKG) per hektare (Ha). Produktivitas 7,2 ton GKB/Ha diperoleh dari setiap malai yang berisi 180-230 bulir padi berkadar air 11-13 prosen, sehingga ketika dilakukan penggilingan tidak mudah petah, katanya.
Kabid Padi dan Palawija Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Garut, Ir A Sartono menyatakan keikutsertaan Sukalilah pada lomba Kelompok Tani Berprestasi tingkat nasional menyusul kelompok itu dinilai sangat respon terhadap perkembangan inovasi teknologi baru dan berorientasi pada agribisnis dengan mengembangkan mina padi, makanan olahan, tertib administrasi, serta pemupukan modal kelompok.
Malahan dinilai berhasil menjalin dan mengembangkan kemiteraan, pemasaran hasil yang optimal serta menunjang mewujudkan lingkungannya sebagai desa Pengendalian Hama Terpadu (PHT). Kepala Seksi Padi, Ir Dudung Sumirat dan Kepala Seksi Biji-Bijian, Ir Haris menilai, eksistensi Kelompok Tani Sukalilah mampu memberikan motivasi bagi kelompok tani lain. Khususnya dalam mengembangkan budidaya padi sawah bervarietas Sarinah, sebagai komoditi unggulan Kabupaten Garut, yang selama ini paling digemari konsumen dari dalam dan luar Garut.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Poktan Sukalilah Siap Wakili Jabar

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar