Home » » Biaya Berobat Karena Dampak Merokok Rp 145 Triliun

Biaya Berobat Karena Dampak Merokok Rp 145 Triliun

Wali Kota Bogor Diani Budiarto mengatakan, dikeluarkannya aturan kawasan tanpa rokok (KTR) di Kota Bogor dimaksudkan untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan rokok karena biaya berobat masyarakat akibat dampak rokok sekitar Rp 145 triliun per tahun.
"Cukai rokok hanya menghasilkan Rp 4 triliun sampai Rp 5 triliun, padahal biaya berobat masyarakat akibat dampak yang ditimbulkan dari rokok bisa mencapai Rp 145 triliun per tahunnya," katanya seperti dilansir Bagian Humas dan Protokol Sekretariat Daerah Kota Bogor,ketika membuka sosialisasi KTR kepada kalangan kampus di Bogor, Kamis (23/4).
Ia mengatakan, sejauh ini yang terdengar luas bahwa cukai rokok cukup tinggi untuk pendapatan negara, justru sebaliknya nyaris tidak terdengar gaungnya berapa biaya berobat masyarakat akibat yang ditimbulkan oleh rokok per tahun. Meski begitu, sebutnya, tidak mudah untuk merealisasikan program KTR, karena rokok sudah menjadi komoditi masyarakat.
Buktinya, kalau melihat angka statistik sungguh sangat merisaukan, baik dilihat dari segmentasi usia di bawah umur maupun yang sudah lanjut usia, warga Indonesia banyak yang merokok. Sosialisasi KTR bagi kalangan kampus adalah program lanjutan setelah kepada ratusan tokoh agama setempat.
Kegiatan tersebut merupakan kerja sama Dinkes dengan organisasi No Tobacco Community (No TC) yang gencar sosialisasi KTR di berbagai lembaga sekitar Kota Bogor. Menurut Firman Wijaya dari No TC, setelah mengikuti sosialisasi, 100 peserta dari berbagai kampus se-Kota Bogor melakukan deklarasi bersama dengan menyatakan siap menerapkan KTR di kampus. ‘’Kami sengaja mengundang kalangan akademisi karena di Kota Bogor telah ada Perda Nomor 8 Tahun 2006 tentang Ketertiban Umum yang didalamnya yaitu pasal 14,15, dan 16 mengatur mengenai KTR, dan salah satunya adalah larangan merokok di institusi pendidikan,’’ katanya.
Hanya saja, kata dia, pada kenyataannya, sejauh ini masih banyak citivitas akademika di Kota Bogor yang masih belum memahami penerapan KTR dengan baik. Karena itu, kegiatan sosialisasi tersebut sangat penting sehingga KTR di lembaga pendidikan diharapkan akan terwujud dengan baik.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Biaya Berobat Karena Dampak Merokok Rp 145 Triliun

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar