Home » » Festival Kuliner Jatim Di Cito

Festival Kuliner Jatim Di Cito

Oleh: Musyawir
Jawa Timur telah lama terkenal dengan ragam kulinernya yang khas, penggemarnya pun tersebar di seantero negeri, bahkan mancanegara. Melihat besarnya potensi pasar tersebut, kini pusat belanja City of Tomorrow menjalin kerja sama dengan Citibank untuk menciptakan wisata kuliner ala Jawa Timur, yang dirangkai dalam program Cito-Citinak Food Festival mulai Jumat (16/4) sampai 17 Juni 2009. "Kegiatan ini merupakan apresiasi bagi pengunjung Cito yang selama ini berbelanja di sini. Untuk itu, kami menyapa dan mengajak mereka untuk ikut meramaikan program ini," kata General Manager Cito, Riza I Wibowo, di Surabaya.
Ia menyatakan bisnis makanan tak mungkin terimbas krisis ekonomi saat ini. "Makan adalah kebutuhan vital bagi manusia untuk melanjutkan hidupnya," katanya.
Ia optimistis, programnya saat ini akan mendatangkan banyak pengunjung. "Bisnis makanan selalu terserap pasar dan orang terus membutuhkannya," katanya.
Sebenarnya, kata dia, wisata kuliner tersebut bisa ditemui di setiap sudut mal di Surabaya. Namun, selama ini pengelola mal hanya menyediakannya di "foodcourt". Bahkan, sajian di sana nyaris tanpa konsep yang khas atau sesuai asal makanan yang ditawarkan ke konsumen. "Memang, selama ini hampir setiap pusat perbelanjaan di Surabaya memiliki `foodcourt` dan gerainya memiliki kemiripan antara mal satu dengan lainnya," katanya.
Untuk itu, lanjut dia, diperlukan langkah kreatif dari setiap manajemen gedung mal itu terhadap program "foodcourt" nya, sehingga masyarakat yang datang mendapatkan manfaat berbeda dari penampilan mal lain.
Melalui Food Festival ini,masyarakat bisa makan sepuasnya dan membayar semaunya. "Selain itu, dalam Food Festival ini, kami tidak hanya mengundang masyarakat menikmati beragam masakan. Namun, juga mengedukasi tentang wisata kuliner khas Surabaya dan Jawa Timur," katanya.
Tingkatkan Volume Pengunjung
Ia optimistis, program "Food Festival" yang diadakan juga untuk menyambut program Surabaya Shopping Festival ini bisa meningkatkan pengunjung 25-30 persen, dibandingkan hari biasa tanpa program. "Untuk memanjakan pengunjung, Food Festival tersebut diikuti 18 restoran dengan program makan sepuasnya dan bayar semaunya dan 20 restoran dengan program `buy one get one`. Total jumlah tenantnya mencapai 50 gerai," katanya.
Sampai saat ini, kata dia, jumlah pengunjung Cito ketika hari biasa berkisar antara 15 ribu orang. Namun, saat akhir pekan dan libur nasional bisa meningkat menjadi 20 ribu orang. "Biasanya, hampir 56 persen pengunjung Cito berasal dari Surabaya, selebihnya menyebar dari Sidoarjo, Gresik, Pasuruan, dan Mojokerto," katanya.
Terkait keterisian di Cito, tambah dia, kini sekitar 70 persen. "Pada akhir tahun ini, diharapkan meningkat menjadi 85 persen. Selain itu, kami juga akan menambah tenant makanan dalam waktu dekat," katanya.
Hari Jadi Surabaya Ke-716
"Promotion Head" Cito, Dorothe Novita, mengatakan, hari ini Citibank mengumumkan keikutsertaannya dalam meramaikan Surabaya Shopping Festival 2009. Acara tersebut merupakan rangkaian perayaan hari jadi kota Surabaya ke-716 yang jatuh setiap tanggal 31 Mei. "Sekaligus, menjadi ajang promosi untuk wisatawan domestik dan mancanegara agar semakin mengenal budaya, hasil kerajinan, dan makanan asli Surabaya," katanya.
Ia melanjutkan, sebagai ibukota Jatim dan kota kedua di Indonesia, Surabaya termasuk pusat bisnis dan keuangan terbesar di negeri ini.
"Untuk menarik kunjungan wisatawan dalam `Surabaya Shopping Festival`, sebanyak 15 mal di Surabaya akan berpartisipasi dengan memberikan diskon sampai dengan 70 selama bulan Mei 2009," katanya.
"Vice President Card Business Manager Citibank" Jawa Timur, Djoesianto Lukas, menjelaskan, partisipasi dalam kegiatan ini lebih pada penguatan kepercayaan "customer" dan meningkatkan kepuasan masyarakat. "Dalam acara ini, kami ingin memberikan nilai tambah bagi nasabah. Selain bisa mengikuti makan sepuasnya dan bayar semaunya, dengan menggunakan kartu kreditnya mereka mendapat diskon 50 persen untuk `Food and Beverage` di CiTo," katanya.
Ia menerangkan, festival ini merupakan kesempatan menikmati belanja hemat dan berkualitas bagi warga Surabaya dan wisatawan. "Untuk itu, `Food Festival` dan `Surabaya Shopping Festival` yang dicanangkan Pemkot Surabaya sangat butuh dukungan dari berbagai pihak," katanya. (Anspek)
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Festival Kuliner Jatim Di Cito

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar