Home » » Kunjungan Wisatawan Ke Jatim Tumbuh Tipis

Kunjungan Wisatawan Ke Jatim Tumbuh Tipis

Kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara di Jawa Timur tidak terpengaruh krisis ekonomi global yang kini masih terjadi, karena masih memperlihatkan pertumbuhan meskipun tipis.
"Pertumbuhan kunjungan wisatawan saat ini memang belum signifikan. Namun, bisa dibilang ada peningkatan," kata Kepala Dinas Pariwisata Jawa Timur Harun di Surabaya.
Menurut dia, sampai triwulan pertama tahun ini jumlah wisatawan domestik meningkat satu persen dari periode yang sama tahun lalu, sedangkan wisatawan mancanegara naik dua persen dari periode yang sama 2008. "Meski angka kenaikan itu sangat tipis, volume wisatawannya cukup besar. Bahkan, bisa sampai jutaan orang," katanya.
Mengenai lokasi yang diminati wisatawan domestik yang berkunjung ke Jatim selama tiga bulan terakhir, ia mengatakan cukup merata di semua wilayah di provinsi ini. "Khususnya pada liburan panjang 9-12 April, kunjungan wisatawan domestik meningkat 100 persen dari hari normal," katanya.
Ia menambahkan melimpahnya jumlah pengunjung saat itu terlihat merata di semua obyek wisata di Jatim seperti di Gunung Bromo, Wisata Air Wendit dan Jatim Park di Kabupaten Malang.
Di sisi lain, lanjut dia, selama Februari 2009 wisatawan mancanegara banyak berkunjung ke Jatim melalui pintu masuk Bandara Juanda Surabaya. Mereka berasal dari Malaysia sebanyak 2.503 orang, Singapura 730 orang, China 628 orang, Jepang 400 orang, Korea Selatan 170 orang, dan Taiwan 487 orang.
Untuk meningkatkan jumlah wisatawan ke Jatim, kata dia, Disparta akan meningkatkan promosi obyek wisata yang potensial semisal obyek wisata "rafting" di Pasuruan, Bondowoso, Kediri, Malang, Probolinggo.
"Selain itu, kami juga akan mengoptimalkan promosi bagi kawasan wisata untuk menyelam. Daerah yang potensial adalah Kabupaten Sumenep," katanya.
KORAN PAK OLES/EDISI 173/16-30 APRIL 2009
Thanks for reading Kunjungan Wisatawan Ke Jatim Tumbuh Tipis

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar