Home » , » EM4 Untuk Ternak Sapi

EM4 Untuk Ternak Sapi

OLEH: AGUS SALAM
Tak sekedar ternak sapi jadi cepat gemuk, tapi dengan EM4, ternak bebas dari berbagai serangan penyakit, dan tentu ternak dijual dengan harga yang relatif mahal. PT Lembu Jantan Perkasa merupakan sebuah peternakan penggemukan sapi plus pembibitan sapi potong. Lokasinya terletak di Jl Raya Serang, Pandeglang, Desa Sindang, Serang, Banten.
Selama ini , perusahaan itu sudah mengadopsi teknologi EM untuk menjaga kesehatan ternak. Teknologi EM cocok untuk menjaga kesehatan sapi, terutama menyeimbangkan mikroorganisme dalam perut sapi. Usman, salah satu karyawan perusahaan itu menjelaskan, mereka memakai EM4 untuk campuran air minum ternak dan fermentasi pakan sehingga ternak yang kini berjumlah 4000 ekor itu lebih sehat dan cepat gemuk.
Selain untuk campuran minum dan untuk memfermentasi pakan alami ternak, EM4 juga dipakai untuk sanitasi dan pembuatan bokashi pupuk kandang. ‘’Jumlah kotoran sapi per hari bisa mencapai 4000 ton. Kalau tidak ditritmen dengan baik, tidak jadi sesutau yang berharga,’’ katanya.
Biasanya kata Herman, kotoran sapi dikarungkan. Harga per karung Rp 2000-Rp 3000. PT Lembu Jantan Perkasa Serang Banten merupakan peternakan yang cukup besar di kawasan Banten. Per bulan bisa menghasilkan anakan sapi (pedet) minimal 70 ekor. Hasil produksi pembibitan berupa induk sapi bunting yang dijual ke peternakan di Sumatera Barat, Pacitan dan Malang.
Sapi asal Australia ini, tidak perlu dikwatirkan soal iklim karena telah lama mengalami proses adaptasi iklim dan pakan. Daya reproduksi tinggi dan produksi air susu cukup untuk anak. Aktivitas pembibitan hanya dilakukan di atas lahan seluas 7 dari 25 ha. Dari luas lahan itu, baru sepertiga yang efektif dijadikan kandang, kantor, gudang dan jalan baru.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading EM4 Untuk Ternak Sapi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar