Home » » Indonesia Perlu Pusat Informasi Pariwisata

Indonesia Perlu Pusat Informasi Pariwisata

Indonesia perlu membuka pusat informasi pariwisata di mancanegara untuk mendukung promosi potensi semua objek wisata. "Pemeritah harus mempertimbangkan membuka pusat informasi pariwisata di mancanegara khususnya di setiap Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI)," kata Ketua Forum Silaturahmi Insan Pariwisata (Fosipa) Indonesia, H Sarbini.
Ia mengatakan, pertimbangan membuka kembali pusat informasi tersebut sebagai upaya mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. "Ini juga sebagai bagian dari promosi pariwisata Indonesia yang diharapkan mampu meningkatkan kunjungan wisman," katanya.
Menurut dia, pemerintah saat ini sudah berupaya meningkatkan jumlah kunjungan wisman, sehingga peran pusat informasi pariwisata di luar negeri menjadi penting dan mendesak untuk direalisasikan.
Ia mengakui untuk membuka pusat informasi pariwisata perlu dana cukup besar, sementara pemerintah menghadapi masalah keterbatasan dana.
Meski demikian, kata dia, perlu dicari jalan keluarnya agar pusat informasi pariwisata di luar negeri dapat terwujud dan berperan menjadi ujung tombak promosi objek wisata di negeri ini. "Memang promosi pariwisata tidak dapat dilakukan sendiri-sendiri, harus dalam satu kesatuan yang dilakukan oleh para pemangku kepentingan pariwisita, apalagi jika dilakukan di luar negeri " katanya.
Ia mengatakan, embangunan pariwisata di Indonesia harus diikuti kesiapan dalam pengelolaan objek wisata di berbagai daerah agar mampu menarik minat kunjungan wisman. "Selain itu, sarana dan prasarana pariwisata juga harus disiapkan untuk memberikan kemudahan kepada wisman yang berkunjung ke objek wisata tersebut, sehingga wisatawan merasa nyaman dan aman selama mengunjungi objek wisata tersebut," katanya.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Indonesia Perlu Pusat Informasi Pariwisata

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar