Home » » Gerakan Kreatif Cegah PHK

Gerakan Kreatif Cegah PHK

Gerakan kreativitas sosial dan inovasi berpotensi menyelamatkan perekonomian Indonesia dari guncangan krisis finansial global. "Perekonomian Indonesia yang sedang terguncang oleh krisis global sangat mungkin terselamatkan oleh gerakan kreativitas sosial dan inovasi yang dihasilkannya," kata Faculty Member of UI sekaligus Coach & Fasilitator in Strategic Management & Innovation, Avanti Fontana, Ph.D.
Dalam Seminar Innovation Series Seminar bertajuk Mengatasi Krisis dengan Kreativitas & Inovasi di Kampus The Joseph Wibowo Center Bina Nusantara, ia mengatakan, menjadi suatu perusahaan yang inovatif memang bukanlah pekerjaan yang mudah.
Oleh karena itu, katanya, dibutuhkan energi dan semangat yang tinggi untuk mampu menjalankan aspek-aspek yang mendukung. "Sejumlah penyelidikan menyebut tiga aspek kunci yang layak digenggam dalam perlombaan sang jawara inovasi," katanya seperti dilansir ANTARA.
Aspek yang pertama adalah penciptaan iklim inovasi dalam suatu perusahaan. Avanti mengatakan, iklim tersebut hanya dapat berkembang melalui sistem pengelolaan manajemen yang demokratis, bergerak cair dalam lintas departemen, dan diusung melalui pola kepemimpinan yang terbuka terhadap beragam ide baru, betapa pun radikalnya ide baru itu.
Ia menambahkan untuk aspek kedua adalah adanya visi dan arah yang jelas mengenai strategi perusahaan menghadapi pasar masa depan. Tanpa strategi yang jelas, proses inovasi yang telah dimunculkan hanya akan berputar-putar di tempat tanpa mampu diterjemahkan menjadi produk unggul yang menguntungkan dan menang di pasaran.
"Aspek yang terakhir yang juga layak diperhatikan ketika perusahaan hendak berinovasi adalah kepekaan mengantisipasi kebutuhan masa depan pelanggan," katanya.
Avanti menekankan pentingnya proses inovasi bagi kelangsungan hidup sebuah organisasi baik organisasi bisnis maupun organisasi publik. "Dengan kata lain, tanpa inovasi sebuah perusahaan hampir pasti akan tersisih dalam arena persaingan bisnis yang kian ketat," katanya.
Fakta di lapangan saat ini banyak perusahaan yang mengambil jalan pintas dengan cara melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sebagai dampak dari krisisi finansial global. Padahal PHK bukanlah satu-satunya jalan keluar yang efektif sebab menyatukan kreativitas untuk melakukan inovasi merupakan alternatif terbaik menghadapi persaingain di tengah krisis saat ini. "Inovasi diperlukan terutama bagi perusahaan yang baru berdiri dan perusahaan yang tidak mau terjerat krisis," kata Avanti.
Inovasi memberikan sisi penawaran sekaligus sisi produksi yang saat ini tampak sedang tidak bergairah, demikian Avanti Fontana.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Gerakan Kreatif Cegah PHK

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar