Home » » Peran Ibu Efektif Cegah Anak Terjebak Narkoba

Peran Ibu Efektif Cegah Anak Terjebak Narkoba

Peran orangtua terutama ibu menjadi sangat penting dalam menjaga agar anak dan remaja tidak terjebak dalam jeratan narkoba. Hal ini terungkap dalam Sosialisasi Optimalisasi Penyuluhan Narkoba, Penyuluhan Obat-obatan dan Makanan yang Banyak Dikonsumsi dan Perlindungan Anak di Denpasar.
"Para orangtua sebaiknya waspada, sesibuk apapun mari sempatkan berkomunikasi dengan anak, jangan pernah mencela dan mencerca. Tapi alokasikan waktu untuk anak," kata Kasat Bimbingan dan Penyuluhan Dit. Narkoba Polda Bali, Wayan Sri Yudayatni.
Yudayatni menekankan perlunya perhatian lebih kepada anak terutama anak yang beranjak remaja. Tanda-tanda ketergantungan pada narkoba secara fisik yakni badan panas, mata mulai sering berair, menghindari sinar matahari hingga diare, muntah-muntah, dan nafsu makan menurun. Sedangkan secara psikologis sang anak akan sering merasa ketakutan, cemas berlebih, malu, rasa bersalah, emosi tidak terkontrol hingga berhalusinasi.
Peranan orangtua terutama ibu dalam mewaspadai penyebaran dan penggunaan narkoba sudah terbukti efektif. Yudayatni mengatakan dua negara Asia seperti Thailand dan Jepang sudah terbukti sukses menekan peredaran narkoba.
"Mari kita waspada, terutama kaum ibu. Hal ini terbukti di dua negara yang melibatkan ibu dalam menekan peredaran narkoba di negara masing-masing," kata Yudayatni.
Yudayatni juga mengatakan untuk melawan narkoba, dapat dengan cara selalu doa, dan berusaha mencari informasi guna mengisi waktu.
Yudayatni juga menekankan adanya dampak panjang dari ketergantungan dari narkoba yakni terancamnya keamanan dan ketahanan negara. "Apabila tidak ditekan sejak awal, maka dapat merambat pada tingginya tingkat kejahatan dan terganggunya keamanan," katanya.
KORAN PAK OLES/EDISI 174/1-15 MEI 2009
Thanks for reading Peran Ibu Efektif Cegah Anak Terjebak Narkoba

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar