Home » » Lebah Cerana, Lebah Lokal Asia

Lebah Cerana, Lebah Lokal Asia

OLEH: AGUS SALAM
Sampai saat ini jenis lebah madu yang banyak dibudidayakan di Indonesia adalah Apis Cerana dan Apis Mellifera. Lebah Apis Cerana merupakan lebah lokal Indonesia yang dapat beradaptasi sangat baik dengan lingkungan setempat. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor di Kabupaten Lombok Barat, Apis Cerana merupakan lebah madu yang lebih efisien dalam mengumpulkan nektar tanaman. Namun sayangnya, produksi madunya agak rendah serta mudah kabur dari sarang.
Berbeda dengan jenis Lebah madu A. mellifera yang masuk pertama kali ke Indonesia dari Australia pada tahun 1972 oleh Pusat Apiari Pramuka. Produksi madu lebah ini cukup banyak. Dan tujuan didatangkannya, lebah Apis mellifera ini untuk memperkenalkan budidaya lebah madu secara modern kepada petani ternak serta untuk memenuhi permintaan madu konsumen dalam negeri.
Apis cerana atau lebih dikenal dengan lebah kelanceng ini. disebut juga lebah madu Asia yang tersebar di Afghanistan, Cina, Jepang dan Indonesia. Berdasarkan analisis morfometrik, A cerana dikelompokkan ke dalam empat sub spesies; Apis cerana, Apis cerana indica, Apis cerana japonica dan Apis cerana Himalaya. Sub spesies, Apis cerana ada di Cina, Afghanistan, Pakistan, India bagian Utara dan Vietnam bagian Utara. Spesies Apis cerana Indica di India Selatan, Indonesia, Fhilipina, Malaysia, Srilangka, Banglades, Myanmar dan Thailand. Apis cerana Japonica berkembang di Jepang, sedangkan Apis cerana Himalaya di sekitar pegunungan Himalaya, Nepal (Yoshida, 1998).
Apis cerana berukuran tubuh kecil, mudah kabur dari sarang (absconding) bila terusik, resisten terhadap serangan predator tawon dan parasit tungau. Lebah ini mampu beradaptasi dengan daerah tropis dan efisien dalam mengumpulkan nektar. Pada umumnya koloni lebah dipelihara di dalam sarang, baik yang dibentuk alami maupun stup buatan manusia. Produksi madu Apis cerana relatif rendah. Budidaya peternak Indonesia hanya menghasilkan madu 5-10 kg per koloni setiap tahun.
Indonesia merupakan daerah tropis yang ditumbuhi berbagai spesies tanaman. Sekitar 25.000 tanaman berbunga tumbuh subur di negeri ini. Diversitas tanaman yang sangat besar itu memungkinkan tersedianya pakan lebah sepanjang tahun, karena banyaknya jenis tanaman yang berbunga sepanjang tahun. Di dalam bunga tanaman terdapat nektar yang menjadi bahan baku utama pembuatan madu.
Di dunia, dalam penelitian yang dilakukan Institut Pertanian Bogor (IPB), sekitar 20.000 jenis lebah yang termasuk dalam super famili Apoidae, salah satunya Apidae. Hingga kini sudah diketahui 9 jenis genus Apis; Apis andreniformis, Apis cerana, Apis dorsata, Apis florea, Apis koschevnikovi, Apis laboriosa, Apis mellifera, Apis nigrocincta dan Apis nuluensis.
Thanks for reading Lebah Cerana, Lebah Lokal Asia

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar