Home » » Setahun, Industri Jamu Sumbang Rp 4 Triliun

Setahun, Industri Jamu Sumbang Rp 4 Triliun

OLEH: AGUS SALAM
Kiprah bisnis industri jamu di Indonesia, cukup andil sebagai salah satu sektor penyumbang devisa kepada negara. ’’Mungkin kalau melihat angka-angka tersebut kita under estimate, tapi memang nilai bisnis jamu ini cukup besar yakni sebesar 4 triliun rupiha per tahun. Bisnis jamu juga menyumbang cukup besar bagi perekonomian Indonesia dengan menyerap 3 juta orang tenaga kerja,’’ tandas Deputi Pertanian dan Kelautan, Bayu Krishnamurti di Jakarta
Secara ekonomis, lanjut Bayu, pemanfaatan dan pengembangan jamu sangat menyentuh kehidupan seluruh lapisan masyarakat. Bahan baku jamu berupa tumbuhan obat dapat dijadikan komoditi pertanian pilihan bagi masyarakat petani. Kegiatan pengumpulan bahan baku, produksi dan distribusi jamu dapat dilakukan oleh unit usaha kecil berskala rumah tangga, menengah (koperasi) maupun dalam skala besar. Semua kenyataan ini menjadikan jamu sebagai aset nasional dan wajib dikembangkan serta dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat.
Hingga kini, pasar produk jamu nasional memang belum besar dan kontribusi secara nasional belum termasuk dalam daftar komoditi strategis Indonesia. Masalah makro untuk pengembangan jamu sendiri masih dipicu oleh belum tumbuhnya komitmen yang kuat pada tingkatan pemerintah, baik pusat maupun daerah. Masalah lain yang semestinya penting diretas belum adanya kebijakan terpadu antara sektor pertanian dan perkebunan dengan sektor industri, sektor iptek, sektor kesehatan serta sektor keuangan.. Pada sisi lain, kegigihan dunia usaha untuk membangun industri jamu yang kuat dan berdaya saing tinggi masih harus dipacu lebih serius.
Dalam tataran mikro (teknis), masalah seputar pola pengadaan bahan baku yang baik dan terencana masih harus dibenahi, kurang kuatnya struktur industri jamu, serta ancaman masuknya produk jamu dari luar yang berdaya penetrasi pasar.
Karena itu, sebagai negara dengan tradisi jamu yang panjang dalam sejarah disertai kekayaan keanekaragaman hayati, Indonesia memiliki potensi besar untuk mengembangkan jamu baik untuk kesehatan maupun berbagai produk industri dan pariwisata dengan sasaran pasar dalam dan luar negeri. Hingga tahun 2008, tercatat 1.024 industri jamu di Indonesia dengan berbagai jenis produk, dari godokan, serbuk, pil sampai kapsul yang digunakan untuk perawatan tubuh, menjaga kesehatan dan lain-lain.
Thanks for reading Setahun, Industri Jamu Sumbang Rp 4 Triliun

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar