Home » » Sketsa: Powerhouse Lokomotif Kebangkitan Ekonomi

Sketsa: Powerhouse Lokomotif Kebangkitan Ekonomi

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Dalam pembukaaan gedung Gramedia Expo di Surabaya, ahli bedah bisnis, pakar manajemen pemasaran, perilaku konsumen, komunikasi dan strategi usaha Rhenald Kasali mengupas isi bukunya yang berjudul Mutasi DNA Powerhouse. Dalam buku terbitan Gramedia Pustaka Utama, Kasali memaparkan bagaimana perusahaan-perusahaan besar (powerhouse) melakukan perubahan di bawah tekanan internal dan eksternal.
Harkat dan martabat serta kesejahteraan suatu negara akan meningkat, jika mempunyai powerhouse. Sebut saja Malaysia dengan Petronas. Amerika dengan Microsoft dan Toyota yang telah mengharumkan nama Jepang. Dikatakan powerhouse adalah sebuah perusahaan besar yang menjadi lokomotif ekonomi di suatu negara dan mampu menciptakan lapangan kerja cukup besar. Selain itu, perusahaan tersebut mempunyai bidang pengembangan dan penelitian. Sehingga mempunyai hak paten sendiri. Indonesia sebenarnya memiliki Pertamina yang berpeluang menjadi powerhouse ekonomi bangsa. Sayangnya, akibat berbagai macam tantangan, saat ini Pertamina tidak lagi menjadi powerhouse.
“Mutasi DNA atau perubahan yang dilakukan oleh powerhouse selalu menimbulkan dampak yang sangat kuat bagi perekonomian suatu bangsa. Karena sebuah powerhouse mempunyai kekuatan dominan, tampak secara kasat mata powerfull. Kemudian sebuah powerhouse besar dalam segalanya. Mulai jumlah karyawan, pajak sampai keuntungan yang didapat. Karena kekuatan itulah yang menjadikan powerhouse menjadi ikon kemajuan ekonomi suatu bangsa,” kata staf pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Sebuah powerhouse tersebut akan bermutasi DNA atau melakukan perubahan, jika ada campur tangan teknis, campur tangan orang, campur tangan pemeriksaan, hukum dan legislatif. Demikian juga yang terjadi dengan Pertamina yang pernah mencapai puncak kejayaan. Kemudian merosot hingga mencapai titik paling bawah, karena terdapat ikut campur beberapa pihak. Tapi saat ini Pertamina berusaha bangkit. Petronas yang dahulu menjadi anak didiknya, sekarang jauh lebih maju dibandingkan Pertamina.
Selanjutnya ia mengibaratkan powerhouse itu seperti gajah, hewan yang bertubuh besar. Tubuh hewan yang besar itu akan menjadi kekuatan yang besar, jika dibangun oleh orang-orang yang berpikiran besar pula. Tidak hanya pemimpinnya saja, tapi juga karyawan yang berasal dari berbagai bidang dan lapisan. Karena lingkungan sangat mempengaruhi pola pikir orang-orang yang ada di dalamnya. Jika lingkungan berpikiran maju, otomatis perusahaan tersebut akan menjadi besar dan powerhouse. Dengan demikian, kesejahteraan karyawan dan masyarakat akan tercapai.
Thanks for reading Sketsa: Powerhouse Lokomotif Kebangkitan Ekonomi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar