Home » » Kegagalan Picu Kesuksesan

Kegagalan Picu Kesuksesan

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Setiap orang di dunia ini pasti mendambakan hidup sejahtera, kaya dan sukses dalam karya. Terlebih dengan kondisi ekonomi yang belum juga membaik sejak krisis 10 tahun silam. Seiring dengan kondisi itu, semakin sempitnya lapangan kerja sehingga angka pengangguran pun terus meningkat. Untuk itulah, pemuda dengan jiwa pengusaha dan pebisnis yang mampu menciptakan lapangan kerja sangat dibutuhkan saat ini.
Dalam workshop di komplek Balai Pemuda Surabaya ini, hadir tiga pembicara sekaligus pengusaha muda yang sukses. Mereka adalah Ir Najikh (Presdir Kelola Mina Laut), Hendy Setiyono (Presdir Kebab Babarafi Turki) dan M Mufti Mubarok (Presdir Java Pustaka Grup). Ketiga pembicara ini pada intinya mengungkapkan latar belakang mereka menjadi entrepreneur. Selain itu juga menceritakan kunci sukses serta saran supaya tidak patah semangat bila mengalami kegagalan.
“Jika ingin memulai sebuah usaha, sebaiknya menjalankan usaha sesuai dengan hobi atau kesenangan kita. Misalnya saya suka makan, otomatis saya berpikir untuk berbisnis makanan. Sedangkan makanan yang belum ada di Indonesia adalah kebab. Ya saya memulai usaha kebab Turki di Indonesia. Setelah menemukan jenis usaha, kita harus berani bermimpi menjadi sukses dan harus berani gagal. Kalau gagal harus bangkit, bangkit dan bangkit lagi. Yang menjadi penyebab kegagalan pertama kita pelajari supaya tidak terulang lagi di kemudian hari. Kunci selanjutnya adalah harus dilaksanakan sekarang kalau memang punya ide usaha. Jangan ditunda-tunda,” kata Hendy Setiyono.
Hal senada juga diungkapkan Mufti Mubarok. Mantan wartawan dan direktur di Jawa Pos ini sebelum memulai usaha percetaan buku. Awalnya bapak dua orang anak ini menyukai tulis menulis. Sejak itulah, terpikir olehnya untuk membuat usaha yang berhubungan dengan tulis menulis. Mulai mencetak, mengumpulkan pengarang hingga memasarkan buku-bukunya sendiri. Kunci sukses berusaha lainnya adalah mempunyai ciri khas. Untuk buku produk Java Pustaka Grup ini adalah multi media. Artinya, buku tidak hanya bisa dibaca, tapi juga bisa di dengarkan melalui CD. Saat ini, multi media inilah yang sedang dikembangkannya.
Tidak berbeda juga menurut M Najikh yang dijuluki media massa sebagai raja teri. Ia mengolah teri menjadi berbagai macam makanan. Ikan teri yang diproduksinya sudah diekspor ke beberapa negara di benua Asia dan Eropa. Pengusaha yang sering menjadi teman diskusi pengusaha-pengusah muda ini membenarkan semua yang dikatakan dua nara sumber yang lain. Bahkan dia bersyukur dengan adanya krisis ekonomi yang terjadi 10 tahun lalu.
“Karena mencari kerjaan susah, akhirnya terpikir untuk melakukan usaha yang belum ditekuni orang lain. Yaitu ikan laut. Khususnya ikan teri yang kurang diminati orang bila hanya berbentuk ikan teri. Setelah diolah sedemikian rupa, sehingga menjadi ikan teri olahan, semakin diminati orang. Lingkungan sekitar juga mempengaruhi pola pikir seseorang. Wajar kalau saya jadi pengusaha. Karena keluarga besar saya memang pengusaha. Tapi kalau bukan darah pengusaha tapi kalau hidupnya di lingkungan pengusaha, dapat dipastikan pola pikirnya juga pola pikir pengusaha,” ungkapnya.
Thanks for reading Kegagalan Picu Kesuksesan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar