Home » » Jepang Ingin Setiap Tanaman Dipupuk Organik

Jepang Ingin Setiap Tanaman Dipupuk Organik

Oleh: Wayan Nita
Begitu kuatnya dukungan pemerintah Jepang terhadap pertanian organik dan lingkungan hidup yang tetap lestari, tujuh orang pemerhati masalah kedua bidang tersebut, harus memilih Bali sebagai tempat alternatif. Salah satu obyek yang dibidik adalah Kebun Percontohan Organik milik Pak Oles di Jl Pulau Roti Denpasar.
Didampingi Gede Ngurah Wididana, ketujuh warga Jepang itu praktek langsung cara termudah membuat pupuk Bokashi Kotaku. Mereka juga banyak mendapat masukan dari Instruktur Pelatih IPSA, IGK Riksa, yang juga mantan Kadis Pertanian Bangli tersebut.
Kepada tamu asal negeri matahari terbit itu, Wididana menjelaskan prospek teknologi EM di Indonesia, eksistensi IPSA dan secara detail tentang pupuk Bokashi Kotaku, dari pembuatan, aplikasi hingga pemasaran.
Menurut Takeuchi Hayato, pendamping plus peserta pelatihan, kehadiran mereka untuk belajar cara pembuatan pupuk Bokashi Kotaku. Selain itu, ingin melihat perkembangan pertanian di Bali dan mengunjungi proyek reboisasi di Kintamani. Uniknya, para pemerhati pertanian organik asal Jepang itu menyanggupi tawaran pemerintah agar menggalakkan penggunaan pupuk organik untuk setiap jenis tanaman.
Peserta juga memanfaatkan kunjungan ke Bali untuk wisata, di samping menebar misi untuk turut serta berperan dalam program reboisasi di Kintamani. Program itu sudah berjalan setahun berkat bantuan seorang warga Jepang.
Hayato menyebut, aplikasi pupuk organik di Jepang dilakukan sejak lama dan mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah. Di Jepang sendiri, nama Pak Oles sudah cukup dikenal luas. ‘’Karena itu pula mereka datang ke Bali untuk melihat cara pembuatan pupuk Bokashi Kotaku yang selama ini digarap intensif oleh Pak Oles. Di Jepang, bahan dasar yang digunakan sebagai pupuk organik hanya berasal dari sampah organik,” ujar Hayato.
Thanks for reading Jepang Ingin Setiap Tanaman Dipupuk Organik

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar