Home » » Bunga Sepatu Lancarkan Datang Bulan

Bunga Sepatu Lancarkan Datang Bulan

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Bunga sepatu, tidak hanya indah dipandang bila dirangkaikan dengan jenis bunga yang lain. Tapi, dibalik keindahan warnanya itu, bunga sepatu mempunyai banyak khasiat. Diantaranya dapat melancarkan datang bulan bagi kaum wanita. Kemudian juga berkhasiat untuk mengobati bronchitis, gonorhoea (kencing nanah), sakit panas, demam pada anak-anak, sariawan, batuk, gondok dan sakit kepala.
Bunga sepatu sendiri mengandung hibiscetin. Sedangkan batang dan daunnya mengandung kalsium oksalat, peroksidase, lemak dan protein. Ramuan untuk haid tidak teratur, cukup cuci tiga kuntum bunga kembang sepatu, lalu giling hingga halus. Kemudian tambahkan satu gelas air masak dan sedikit cuka. Selanjutnya peras dan saring. Minum 2-3 kali sehari sebanyak 1/2 gelas.
Untuk kencing nanah, cuci enam kuntum bunga kembang sepatu, rebus dengan tiga gelas air hingga airnya tersisa 3/4 gelas. Setelah itu, saring dan diamkan (diembunkan) selama semalam. Minum dengan madu tiga kali sehari 1/2 gelas. Untuk sakit panas, tumbuk akar kembang sepatu secukupnya hingga halus, rebus dengan tiga gelas air mendidih sekitar 30 menit, lalu saring. Air rebusan diminum tiga kali sehari sebanyak satu gelas.
Ramuan untuk demam pada anak-anak, lumatkan daun kembang sepatu segar secukupnya dengan sedikit air. Lumurkan di seluruh badan 2-3 kali sehari. Untuk sariawan dan batuk, rebus daun kembang sepatu secukupnya dalam tiga gelas air mendidih selama 15 menit, lalu saring. Air rebusan diminum tiga kali sehari. Sedangkan untuk gondok, siapkan akar kembang sepatu secukupnya dan air secukupnya. Akar diserbukkan dan direbus dalam air mendidih selama 1/2 jam. Kompreskan pada bagian yang sakit 2-3 kali sehari. Ramuan untuk sakit kepala, serbuk daun kembang sepatu direbus selama 1/2 jam dan dikompreskan pada dahi.
Thanks for reading Bunga Sepatu Lancarkan Datang Bulan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar