Home » » Lima Karyawan Songgolangit Ke Thailand

Lima Karyawan Songgolangit Ke Thailand



OLEH: INDAH WULANDARI
hadni_wulan@yahoo.co.id
Untuk menghadiri workshop yang rutin digelar Asia Pasific Natural Agriculture Network (APNAN) di Thailand, PT Songgolangit Persada mengirim 5 kepala cabang (Kacab) pemasaran EM4. Acara workshop yang dipusatkan di Kyusei Nature Farming Centre Sara Buri, Thailand (17-22/2) itu diikuti 7 negara dengan 37 peserta.
Dari pengembang teknologi industri EM Indonesia hadir Ir Koentjoro Adijanto (Kepala Produksi Pupuk Bokashi Kotaku), Ir Nyoman Darma Asmara (Trainer IPSA), Sarmo Saputro (Kacab Pemasaran EM Magelang), Irkham Rosidi (Kacab Pemasaran Bali) dan Nyoman Sukamerta (Pimpinan Pabrik EM Bengkel). Sedangkan peserta lain berasal dari Filipina, India, Srilanka, Malaysia, Bhutan, Afrika Selatan dan Inggris. Selama di Thailand, para peserta dipandu Sano dan Sakurai, baik untuk kegiatan indoor maupun outdoor.
Acara tersebut menampilkan dua trainer APNAN, Koki Nagamine dan Jun Matsumoto, serta Pimpinan Kyusei Nature Farming Centre, Kanit Muangnil, M.Sc, MBA. Kepada para peserta, seperti diungkap pimpinan rombongan dari PT Songgolangit Persada, Ir Koentjoro Adijanto, mendapat pemaparan seputar eksistensi Kyusei Nature Farming Center. Disebutkan, organisasi itu dibangun di atas lahan 75 ha yang dirintis 20 tahun silam dengan fokus pada program pelatihan budidaya organik dan teknologi EM.
Selain workshop, para peserta langsung diajak untuk mengamati peternakan ayam, babi, budidaya jamur dan ikan. Aplikasi teknologi EM di setiap negara tergantung pada prioritas dan tingkat kebutuhan. Dalam hasil penelitian Dr Shuresh Dumal dari India, dipapar tentang keberhasilan menggunakan teknologi EM pada berbagai jenis tanaman. Sedangkan delegasi Malaysia dan Bhutan melaporkan dampak serius dan menggembirakan seputar aplikasi EM untuk mengatasi limbah-limbah di sepanjang 189 aliran sungai.
Adijanto Cs menjelaskan aplikasi EM di Indonesia baik untuk pertanian dan masalah limbah, juga dipadukan dengan ramuan herbal yang menghasilkan produk unggulan Minyak Oles Bokashi serta Biotor (Kudo, Hexon dan Spontan Power).
Di samping itu, pupuk Bokashi Kotaku sebagai pengembangan teknologi EM yang ditopang penuh dengan eksistensi Institut Pelatihan Sumber Daya Alam (IPSA) di desa Bengkel, Buleleng, Bali. Para peserta sendiri langsung mengikuti praktek pembuatan EM Bokashi, Activated EM, EM FPE dan EM 5, serta berkunjung ke EM Shop yang memasarkan aneka produk hasil pengembangan teknologi EM di seluruh dunia.
Thanks for reading Lima Karyawan Songgolangit Ke Thailand

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar