Home » » Menikmati “Bebalung Kuda” Khas Lombok

Menikmati “Bebalung Kuda” Khas Lombok

OLEH: HERNAWARDI
Kuda tidak hanya menarik gerobak, pedati atau sebagai alat angkut tradisional masyarakat pedesaan. Ternyata di Lombok, daging kuda menawarkan kenikmatan tersendiri. Menu sajiannya pun beragam seperti bebalung kuda, sup kuda, sate daging kuda. Menu unik ini bisa kita temui di warung yang berjejer di kiri kanan jalan gerbang masuk Desa Bengkel, Kecamatan Labuapi, Lombok Barat.
Kuliner tradisional ini tidak hanya diminati warga lokal, tapi juga disuguhkan kepada wisatawan asing yang penasaran dengan sajian tradisional Lombok tersebut. M. Irsan, pelayan Warung Makan Mustang, Bengkel yang khusus menyajikan daging kuda, mengaku jumlah pengunjung setiap hari mencapai ratusan orang yang berasal dari berbagai latar profesi. Mulai dari PNS, TNI, polisi, pengusaha, sopir, pedagang sampai kalangan petani.
Jika dicermati, sebetulnya sup daging kuda ini tak jauh beda dengan sup atau bebalung daging sapi. Cara meracik dan bumbu-bumbu penyedapnya hampir sama. Sup atau bebalung kuda diolah mirip rawon. Di dalamnya terdapat kuah diadon dengan daging kuda empuk yang telah dipotong-potong dengan ukuran tertentu. Ruas daging yang dicari biasanya pada tulang mudanya.
Bebalung kuda telah menjadi sajian lauk-pauk pelengkap nasi hangat satu porsi yang rasanya cukup lezat. Kuah sup yang airnya hangat-hangat kuku ditaburi campuran bumbu tradisional dan irisan daun seledri yang menggugah rasa lapar. Harga satu porsi berkisar Rp 10 ribu – Rp 15 ribu. Tergantung menu yang dipesan.Apakah rahasia kelezatan daging kuda Lombok? Awalnya, air direbus hingga mendidih. Lalu rusuk kuda yang dipotong-potong tadi dimasukkan dalam air yang sudah mendidih. Setelah daging kuda direbus, keluarlah buih di permukaan didihan air tadi. Buihnya dibuang dan yang tersisa hanya rebusan air tanpa buih. Selanjutnya daging kuda dimasak lagi sampai tidak menimbulkan rasa amis. Yang mengejutkan dari ratusan pengunjung yang datang menikmati daging kuda saban hari dari jam 08.00 hingga 21.00 wita, omzet penjualan rata-rata per hari bisa mencapai Rp 1,6 juta. Daging kuda dibeli secara kiloan di lokasi penyembelihan kuda di Sekarbela, Mataram.
Thanks for reading Menikmati “Bebalung Kuda” Khas Lombok

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

1 komentar:

  1. Escape into the truly secluded tourist resort in Senggigi, Gili Trawangan and Gili Air. Find the best available Lombok hotels at special rate for your accommodation.

    BalasHapus