Home » » Manggis Bermanfaat Bagi Kesehatan

Manggis Bermanfaat Bagi Kesehatan

OLEH: AGUS SALAM
Selain enak di konsumsi ternyata buah dan kulit manggis memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan. Diantaranya, bermanfaat sebagai obat anti inflamasi (anti radang) dan obat diare, sariawan, wasir, luka dan lain-lain. Kulit manggis kaya akan xanthone antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
Tak hanya secara tradisional saja, puluhan kajian membuktikan buah manggis memberi pelbagai khasiat kepada tubuh seperti menjaga sistem kardiovaskular, sistem pernafasan, usus, menyokong fungsi sendi dan tulang rawan, menguatkan sistem pertahanan badan serta meneutralkan radikal bebas.
Dr Albert Miller, seorang ilmuan AS berpendapat, Manggis merupakan satu-satunya makanan tambahan yang miliki khasiat pencegahan karena terdapat kandungan anti oksidan yang cukup tinggi. Tanaman buah berupa pohon itu tumbuh subur di hutan-hutan tropis di kawasan Asia Tenggara seperti Indonesia. Dari Asia Tenggara, tanaman ini menyebar ke daerah Amerika Tengah dan daerah tropis lainnya seperti Srilanka, Malagasi, Karibia, Hawaii dan Australia Utara. Di Indonesia manggis disebut dengan berbagai nama lokal seperti Manggu (Jawa Barat), Manggus (Lampung), Manggusto (Sulawesi Utara), Manggista (Sumatera Barat).
Pusat penanaman manggis di Indonesia adalah Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Jawa Barat (Jasinga, Ciamis, Wanayasa), Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, Jawa Timur dan Sulawesi Utara. Beberapa pengalaman pengobatan tradisional, menderita amandel, juga bisa disembuhkan dengan kulit buah manggis tanpa operasi.
Caranya, kumpulkan kulit buah manggis yg telah masak, cuci bersih dan masukkan dalam air mendidih. Untuk satu buah kulit manggis, direbus dengan 1 liter air. Setelah beberapa menit, angkat dan saring. Air rebusan ini digunakan untuk berkumur (tunggu sampai dingin). Usahakan terkena bagian amandel, tapi jangan sampai tertelan. Ulangi beberapa kali sampai amandel tidak bengkak lagi.
Thanks for reading Manggis Bermanfaat Bagi Kesehatan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar