Home » » PLN Daerah Ujung Tombak Sosialisasi

PLN Daerah Ujung Tombak Sosialisasi

OLEH: HERNAWARDI
Sosialisasi awal kebijakan penghematan energi listrik mulai dilakukan seluruh cabang PLN di daerah. Di NTB sendiri, papar General Manager PLN NTB Iwan Bachtiar, tahapan sosialisasi dari awal sudah mulai dilakukan di seluruh cabang PLN se-NTB meliputi Cabang Mataram, Sumbawa dan Bima. Sosialisasi dilakukan lewat media cetak dan ektronik lokal. Meski begitu Iwan Bachtiar yang didampingi Kacab PLN Mataram, Wasito Adi mengaku pihaknya menunggu draft dan keputusan final dari pemerintah pusat. Pasalnya program penghematan listrik memerlukan pembahasan komprehensif pemerintah dan DPR. Menurut Iwan, himbauan hemat listrik sangat tepat dengan kondisi dan stok listrik di NTB yang terbilang pas-pasan. Apalagi sebelumnya di Lombok telah terjadi pemadaman bergilir. Meski intensitas pemadaman di NTB tidaklah separah daerah lain seperti di Jawa, Bali, Sumatera. “Ketersediaan listrik yang pas-pasan inilah menjadi dasar pertimbangan kami di NTB untuk mengajak masyarakat bersama-sama berhemat dalam pemakaian listrik,” ujar Iwan.Ketersediaan listrik di NTB memang secara rata-rata nasional berada sedikit di atas rata-rata nasional. Ini artinya krisis listrik di daerah ini tidak terlalu dikhawatirkan, meski bayang-bayang kehwatiran itu selalu ada. Sebagai contoh, kata Iwan
Dijelaskan Iwan, kebutuhan beban puncak tertinggi terhadap suplai listrik di NTB ini berkisar antara 130-140 mega watt. Sementara kemampuan PLN NTB berada lebih sedikit di atas kebutuhan normal tersebut. Jika pemakaian melebihi kisaran normal baru dilakukan pemadaman bergilir. Beban puncak terjadi pada pukul 6-10 malam dan tidak menutup kemungkinan juga beban puncak bisa terjadi pada siang hari. Karena itu, Iwan berharap, masyarakat memahami benar manfaat penghematan listrik.
Sumber energi listrik di NTB selama ini diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) dengan kekuatan maksimal hingga 10 mega. Sedangkan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) ada di Sungai Kokok Putik, Sembalun, Lombok Timur berkekuatan 16 mega. Di samping upaya memberdayakan potensi sumber energi setempat, juga dilakukan dengan membangun transmisi jaringan listrik sebagai media penyalur ke masyarakat pelanggan. “Prinsipnya PLN memanfaatkan segala potensi yang ada di masing-masing wilayah, termasuk di NTB. Seperti pembangkit listrik tenaga mikro, air arus gelombang laut. Termasuk energi sekam di Lombok sangat potensial untuk dikembangkan,” kata Iwan.
Thanks for reading PLN Daerah Ujung Tombak Sosialisasi

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar