Home » » Mahasiswa PGRI Surabaya Intesifkan Penyuluhan

Mahasiswa PGRI Surabaya Intesifkan Penyuluhan

OLEH: WURI WIGUNANINGSIH
Sebagai syarat menyelesaikan jenjang kesarjanaan, civitas akademika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (Unipa) mengadakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Berbagai kegiatan digelar terkait program mata kuliah, antara lain pengabdian pada masyarakat dengan memberi penyuluhan pengolahan sampah menjadi barang yang lebih bermanfaat.
Penyuluhan yang digelar beberapa waktu lalu itu dipusatkan Kelurahan Dukuh Menanggal, Gayungan Surabaya dengan peserta kaum ibu. Sasaran tersebut dilatari, kaum ibu secara langsung berhubungan dengan sampah rumah tangga. Saat ini, di Surabaya sedang digalakkan pengolahan sampah, baik sampah kering maupun sampah basah. Bahkan dua tahun terakhir, Pemkot Surabaya menggelar lomba kebersihan dan penghijauan kota dengan mendaur kembali sampah sehari-hari.
Kaum ibu dibius dengan praktek pengolahan kembali sampah basah dan sampah kering oleh para mahasiswa. Misalnya botol atau gelas bekas air minum, diolah menjadi tutup sajian. Untuk bungkus pewangi pakaian atau detergen, diolah menjadi dompet, tas atau kerajinan tangan yang berprospek pasar.
Untuk sampah basah, para mahasiswa mendemokan bagaimana membuat pupuk bokashi menggunakan EM4. Caranya, dengan mencampur pupuk kandang dan sampah basah yang dipotong kecil-kecil lalu diberi cairan EM. Setelah dimasukkan ke karung dan ditunggu beberapa hari, jadilah pupuk bokashi dan dapat dimanfaatkan untuk memupuk tanaman atau penghijauan.
Thanks for reading Mahasiswa PGRI Surabaya Intesifkan Penyuluhan

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar