Home » » Toge Goreng Bogor Cocok Buat Vegetarian

Toge Goreng Bogor Cocok Buat Vegetarian

OLEH: AGUS SALAM
Biasanya toge paling enak untuk sayur atau tahu isi. Tapi, toge goreng dengan bumbu saos tauco memberikan cita rasa yang alami dan cocok untuk mereka yang sedang diet, vegetarian atau yang bermasalah dengan kesuburan.
Udara dingin memang sangat cocok hidangan toge goreng. Di sepanjang jalan Siliwangi, Bogor banyak pedagang toge goreng. Salah satunya toge goreng milik Emang Kurdi (38). Toge gorengnya memang benar-benar beda. Adonan saos tauconya benar-benar pas. Rasa tauco dan kecapnya terasa harmoni tidak saling mengalahkan.
Toge segar yang direbus tidak terlalu matang, membuat toge goreng ini terasa segar. Saat disajikan tercium aroma tauco yang wangi membuat lapar konsumen.
Kurdi juga bersedia membagi resep toge gorengnya. Bahan yang dibutuhkan, 300 gr mi basah, 300 gr taoge, 1 ptg oncom merah ukuran 10 x 15 cm, potong dadu 10 btg kucai, iris 2 cm. Untuk bumbu saosnya, 3 sdm minyak goreng, 50 gr taoco manis, 3 sdm kecap manis, 2 batang daun bawang, iris 1 cm, 2 buah tomat iris-iris, 100 ml air.
Kemudian haluskan, 3 buah cabai merah, 5 buah cabai rawit, 3 buah bawang merah, 1 senduk garam dan 1 senduk gula pasir. Cara membuatnya, cuci mi basah dengan air hangat sebentar, tiriskan. Seduh taoge dengan air mendidih, tiriskan. Masak oncom dalam air mendidih hingga lunak, angkat, sisihkan. Lalu buat saus, caranya panaskan minyak goreng, tumis bumbu yang dihaluskan sampai harum, masukkan tauco, kecap manis, daun bawang, dan tomat, aduk rata. Tambahkan air, aduk dan masak sampai mengental dan matang. Hidangkan dalam piring: mi, taoge, oncom, dan kucai, siram dengan saus tauco. ‘’Toge goreng saya ini, banyak yang suka baik tua dan muda. Apalagi ibu-ibu rasa tauco yang pedas dan segar membuat mereka suka nambah satu porsi lagi,’’ kata Kurdi.
Thanks for reading Toge Goreng Bogor Cocok Buat Vegetarian

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar