Home » » Madu Dan Ramuan Herbal Sembuhkan Diare

Madu Dan Ramuan Herbal Sembuhkan Diare

Oleh: Wayan Nita
Diare dapat menyerang siapa saja. Penyakit yang diakibatkan karena kurangnya menjaga kebersihan ini bisa mematikan. Tak kenal umur, jenis kelamin dan strata sosial bisa meninggal akibat diare. Selain wajib menjaga kebersihan, penanganan pertama jika terserang diare juga perlu diperhatikan. Karena diare yang terus menerus dapat mengakibatkan hilangnya cairan tubuh.
Tak perlu menggunakan obat kimia, obat herbal yang aman dan mudah bisa kita buat sendiri. Bahan yang paling utama adalah daun jambu kluthuk (jambu biji). Telah kita ketahui bersama khasiat dari daun jambu biji ini. Yaitu membantu membersihkan bakteri penyebab diare. Dan juga membantu menghentikan diare. Untuk lebih mendapatkan hasil yang maksimal, dibutuhkan juga madu, kunyit segar dan daun meniran.
Menurut dr Adji Suranto, SpA dalam bukunya Khasiat dan Manfaat Madu Herbal, tidak semua madu bisa digunakan. Madu yang cocok digunakan sebagai campuran ramuan ini, lanjut dr. Adji adalah madu lengkeng, karet atau kapuk. Karena madu tersebut berwarna pekat. Dan mengandung senyawa yang dapat meningkatkan nafsu makan. Daun meniran berfungsi sebagai penambah nafsu makan. Sedangkan kunyit yang mengandung minyak atsiri juga mampu mengatasi gangguan pencernaan.
Semua tanaman herbal tersebut dapat kita jumpai disekitar kita. Sehingga memudahkan dalam membuat ramuan saat kita terserang diare. Bahan yang dibutuhkan pun jumlahnya tak terlalu banyak. Cukup dengan 2 ibu jari kunyit, 20 lembar daun jambu kluthuk, 50 gram daun meniran segar dan ½ gelas madu. “Sebisa mungkin daun jambu kluthuk maupun daun meniran dipilih yang segar. Tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua,” ungkap dr Adji.
Pembuatannya relatif mudah dan tidak butuh waktu lama. Daun jambu kluthuk, daun meniran dan kunyit dicuci bersih lalu dihancurkan. Cukup dipukul-pukul menggunakan martil, tak perlu sampai halus. Setelah itu direbus dalam 500cc air hingga volumenya menjadi satu gelas. Setelah matang, air rebusannya disaring dan diambil airnya. Tunggu hingga air rebusan sedikit hangat baru ditambahkan ½ gelas madu dan diaduk hingga rata. “Ramuan ini dapat diminum kapan saja dan sesering apapun. Tergantung dari kondisi tubuh,” pungkas dr Adji.
Thanks for reading Madu Dan Ramuan Herbal Sembuhkan Diare

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar