Home » » BIT 2008 For The Soul

BIT 2008 For The Soul

OLEH: INDAH WULANDARI
hadni_wulan@yahoo.co.id

Kawasan Jimbaran tampak terlihat hiruk pikuk pada Minggu pagi (29/6). Lalu lalang para atlet dan panitia MRA Bali International Triathlon (BIT) 2008 berbaur akrab dengan masyarakat umum. Waktu menunjuk pukul 07.00 WITA, Wakil Bupati Badung Drs I Ketut Sudikerta didampingi Ketua Umum KONI Badung, I Wayan Subawa, SH, MH bergegas membunyikan tanda start. Sekitar 246 triathlete seketika berhamburan ke bibir pantai Jimbaran.
Kompetisi triathlon tahunan ini memang diiikuti para pecinta olah raga sejati. Para atlet harus berenang di pantai Four Season, Jimbaran sejauh 1000 meter. Bersepeda di jalur Jimbaran, By Pass Ngurah Rai, Nusa Dua, Bukit Ungasan dan Jimbaran sepanjang 40 km. Helatan itupun belum berakhir karena masih harus mengikuti uji lari 10 km. Kompetisi lainnya diperuntukkan bagi tim rely dari beberapa perusahaan dan hotel di Bali. Satu tim terdiri dari tiga orang yang masing-masing bergiliran berenang, mengendarai sepeda dan lari. Masyarakat umum non atlet pun banyak yang mengikuti 5K Fun Run. Wabup Badung Ketut Sudikerta sangat mendukung gelaran olah raga berkelas internasional ini. Bahkan Sudikerta meminta untuk digelar secara rutin sehingga dapat mengangkat sektor pariwisata Bali khususnya Badung demi tercipta stabilitas ekonomi.
Pihak penyelenggara MRA Group yang memiliki 35 perusahaan di bidang media, otomotif dan sepeda motor, tempat-tempat hiburan dan berbagai produk gaya hidup lain berupaya menciptakan sebuah suguhan yang bernuansa Thriathlon for the Soul. ‘’Ide yang tercetus empat tahun lalu ini menggabungkan semangat olah raga triathlon dan spirit alam Bali untuk diperkenalkan pada dunia,” jelas Robb Strom dari Strom & Associates, APC mewakili penyelenggara.
Atlet termuda yang mengikuti event itu berusia 16 tahun dan atlet veteran berusia 68 tahun. Mereka datang dari Indonesia, Australia, Jerman, Spanyol, AS, Prancis, Swedia, Irlandia, Skotlandia, Kanada, Jepang, New Zealand, Filipina, Thailand, Malaysia dan Singapura. Triatlet profesional Australia Luke McKenzie (2) masih menunjukkan keperkasaannya.
Seperti tahun lalu, Luke mampu mendominasi perlombaan sejak awal dengan catatan waktu 2 jam 9 menit 9 detik. Meski tidak memecahkan rekor waktu BIT 2007 1 jam 9 menit, Luke mengaku lebih rileks melewati trek lomba. ‘’Waktunya terasa lebih panjang di sesi renang. Udara panas saat bersepeda dan lari tapi pemandangan dan keramahan orang Bali membuat saya harus kembali tahun depan di acara ini,” ujar Luke.
Untuk kelompok wanita, Amanda Balding (Australia) yang diprediksi meraih gelar kehormatan harus puas di urutan keempat. Tahta podium ditempati rekan satu negera, Rachel Gaudry (57) yang menyentuh garis finish dengan mengoleksi waktu 2 jam 44 menit 56 detik. Posisi kedua dan ketiga diraih Kelley Toy dari New Zealand dan Sophie Hawken (Australia).
Thanks for reading BIT 2008 For The Soul

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar