Home » » BMW 328 Mille Miglia Touring Coupe

BMW 328 Mille Miglia Touring Coupe

Sensitifnya Jagoan Tua
"Love Me, Trust Me, But Please Don't Touch Me", kata ini menempel di kaca depan BMW 328 Mille Miglia Touring Coupe yang dipajang di salah satu ruang pamer mobil klasik Jakarta. Keberaadaan mobil ini di dunia dapat dihitung dengan jari. Istimewanya, mobil ini hanya dimiliki oleh Perhimpunan Penggemar Mobil Kuno Indonesia (PPMKI), dan merupakan salah satu koleksi terbaiknya.
Menilik sejarahnya, mobil BMW 328 Mille Miglia dibuat oleh Bayerische Motor-Werke (Bavarian Motor Works atau BMW), sebuah perusahaan yang berdiri pada 7 Maret 1916 dengan memproduksi mesin pesawat Bayern. Sang pendiri, Karl Rapp dan Gustav Otto mula-mula memberi nama Bayrischen Flugmotorenwerken, setahun kemudian berganti nama menjadi BMW Bayerische Motoren Werke atau dapat diartikan Pabrik Mesin Bayern. Setelah Perang Dunia I (perjanjian Versailles), pabrik pembuat mesin-mesin pesawat dilarang. BMW pun beralih memproduksi mesin dua silinder untuk sepeda motor.
Baru pada tahun 1929, BMW membangun mobil pertamanya, Dixi, di pabrik Eisenach, Jerman. Sebelum pabrik Eisenach dibuka, semua produk dibuat di Muenchen. Tahun 1938, BMW mulai membangun mobil balap model BMW 328. Meskipun menggunakan peralatan-perbengkelan yang masih sederhana, para insinyurnya berhasil memyempurnakan performa engine, chasis, dan desain bodi. Yang menarik, aerodinamis kendaraan pada saat itu cukup diperhitungkan, bahkan sebagian detail bisa meminimalkan gesekan udara. Mobil ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 100 mph, sehingga menjadi kendaraan yang terhebat di jamannya. Sejarah mencatat, BMW 328 Mille Miglia Touring Coupe tercepat di ajang balap Original Italian Classic yang diikuti 400 peserta dari 69 perusahaan mobil tahun 1940. Mobil yang disokong mesin Inline Six Cylinder, dengan tenaga 80 Hp, dapat melaju dengan kecepatan rata-rata 103,6 mph. Produksi mobil ini dihentikan akibat pecah Perang Dunia II, dan BMW beralih memproduksi kendaraan perang. Dan, jejak sang legenda berakhir di tahun itu. Hingga sekarang, basis mobil balap BMW Legendaries 328 Mille Miglia Touring Coupe, masih digunakan pada varian mobil dua penumpang BMW terkini.
Kita patut bangga, di negara yang cukup jauh dari asal mobil ini yakni Indonesia, memiliki koleksi mobil balap Legendaries BMW 328 Mille Miglia Touring Coupe. Walaupun sekarang hanya cukup bisa dipandang, mobil ini dapat menceritakan sejarah masa lalu, yang dapat menjadi menjadi perenungan untuk masa depan.(DEDI PRIYONO)

BIODATA:
Model : BMW 328
Production : 1936-1940
Body styles : Two Seater Sport
Construction : Steel Ladder frame With tubular side members
Engine : Inline Six Cylinder, Over head Valve
Power Output : 80 bhp
Transsmision : Four Speed Manual
Suspension : Independent front with transverse leaf springs, live rear axle with semi-
Elliptich leaf springs
Brakes : Drums all round
Maximum Speed : 161 km/h (100 Mph)
KPO/EDISI 154/JUNI 2008
Thanks for reading BMW 328 Mille Miglia Touring Coupe

« Previous
« Prev Post
Next »
Next Post »

0 komentar:

Posting Komentar